Sapi Limousine Sumbangan Pak Jokowi Gede Banget !!! – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Nasional

Sapi Limousine Sumbangan Pak Jokowi Gede Banget !!!

KENDARIPOS.CO.ID TARAKAN – Presiden Joko Widodo selalu menyumbang sapi untuk Iduladha setiap tahun. Kali ini, giliran Tarakan yang mendapat sapi dari mantan wali kota Solo itu.

Peternak yang beruntung mendapatkan bantuan dari Jokowi adalah Ahmad Soleh. Awalnya, warga Kelurahan Juata Kerikil itu merasa kaget dan tidak percaya karena sapi jenis Limousine-Bali yang dipeliharanya merupakan pilihan Jokowi untuk Iduladha.

Dia mengaku sangat bersyukur, senang, sekaligus bangga sapi yang telah berumur sekitar 34 bulan tersebut dibeli oleh Jokowi. “Alhamdulilah sekitar satu bulan yang lalu saya diinformasikan,” tutur Soleh, Minggu (27/8).

Sapi jenis Limousine-Bali itu berasal dari proses inseminasi buatan atau perkawinan suntik.

Yakni, antara indukan sapi jenis Bali atau sapi lokal dan cairan semen sapi jenis Limousine dari Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Tarakan.

“Proses inseminasinya oleh Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Tarakan,” tutur Soleh. Dia menambahkan, proses pengembangbiakan dan perawatan sapi tersebut tidak begitu sulit.

Sapi itu dapat bisa mengonsumsi rumput dan dedak lebih dari tiga kali dalam sehari. Sapi itu memiliki tinggi sekitar 1,98 meter dengan panjang 2,25 meter dan berat sekitar 830 kilogram.

Sapi yang dipeliharanya tersebut dibeli oleh staf Jokowi seharga Rp 60 juta.

“Cepat besar sapinya,” tutur pria yang bekerja sebagai peternak sapi sejak sepuluh tahun lalu tersebut. Menurut Soleh, sapi itu rutin mendapat perawatan dari dokter.

Hal itu untuk memastikan perkembangan dan kesehatan sapi bisa terjamin. Dia juga rutin memandikan sapi itu dua kali sehari pada pagi hari dan sore hari. “Sapinya tidak dilepas namun ditempatkan di dalam kandang,” tutur Soleh.

Terpisah, Kepala Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Tarakan Wipraptono Soebagio mengatakan, Jokowi dan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie masing-masing telah membeli satu ekor sapi jenis Limousine-Bali di Kota Tarakan.

“Dua ekor sapi tersebut akan dikurbankan pada Iduladha 2017 mendatang,” tutur Wipraptono. (jhn/nri)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top