PWI Kolaka Gandeng Antam Gelar Pelatihan Jurnalistik – Hacked by TryDee
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka

PWI Kolaka Gandeng Antam Gelar Pelatihan Jurnalistik

ZULFADLY NUR/KENDARI POS
Foto bersama Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, Sekjen PWI Pusat, Hendrik Ch Bangun serta peserta pelatihan jurnalistik yang mendapat dukungan dari pihak PT Antam.

KENDARIPOS.CO.ID — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kolaka menggelar kegiatan jurnalistik praktis yang dilaksanakan selama dua hari. Pelatihan tersebut diikuti 23 wartawan media cetak maupun elektronik yang bertugas di wilayah Kolaka dan Kolaka Timur. Kegiatan itu sendiri dibuka langsung Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, Senin (28/8).

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Praktis, Abdul Saban mengatakan, kegiatan yang disponsori PT Antam (Persero) Tbk UBPN Sultra dan Pemkab Kolaka tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan wartawan yang bertugas di Bumi Mekongga. Selain itu juga untuk memenuhi peraturan yang nantinya mewajibkan seluruh wartawan mengantongi kartu sertifikasi dari Dewan Pers.

“Berdasarkan peraturan, tahun 2019 nanti semua wartawan harus bersertifikasi dari Dewan Pers. Untuk mendapatkan kartu tersebut harus lulus uji kompetensi,” ujarnya. Deputi General Manager PT Antam UBPN Sultra, Nilus Rahmat menuturkan, pembangunan yang dilakukan pemerintah dan Antam menunjukkan kemajuan menggembirakan, begitupun dengan pers.

Kata dia, peran pers sangat penting untuk membantu pemerintah membangun daerah. “Peran pers sangat penting untuk memperbaiki kinerja pemerintah dan seluruh stakeholder termasuk Antam. Selain sebagai penyampai informasi, wartawan juga berfungsi menjadi pengkritik dan pemberi saran, bukan menyebar berita hoaks. Olehnya itu, pelatihan ini sangat baik agar wartawan dapat bekerja lebih profesional,” ujarnya.

Sekjen PWI Pusat, Hendrik Ch Bangun mengatakan, pers memiliki fungsi yang sama dengan pemerintah maupun BUMN, yaitu melayani publik. Caranya dengan memberi informasi pada publik. Olehnya itu, pelatihan kali ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas wartawan dan media.

“Kami berharap, dengan pelatihan ini para wartawan nantinya bisa terverifikasi. Daat ini Dewan Pers sedang melakukan upaya sertifikasi media dan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh media yaitu wartawannya memiliki kartu kompetensi,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik yang diadakan PWI dan Antam. “Sebab dengan pelatihan tersebut dapat menghasilkan wartawan profesional,” katanya. Kegiatan pelatihan jurnalistik praktis tersebut dilaksanakan sejak tanggal 28 hingga 29 Agustus, selasa(29/8). Pada pembukaan pelatihan senin(28/8), juga dihadiri Kajari Kolaka, Jefferdian, Ketua PWI Sultra, Sarjono serta sejumlah pejabat dan Muspida. (c/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top