Potret Buram Pendidikan di Tapunopaka Konawe Utara, 30 Murid Belajar di Gubuk dari Daun Rumbia – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Utara

Potret Buram Pendidikan di Tapunopaka Konawe Utara, 30 Murid Belajar di Gubuk dari Daun Rumbia

Salah seorang murid duduk dibelakang sekolah yang terbuat dari rumbia. Ia sedang menunggu guru.

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) Ruksamin harus bekerja lebih giat lagi memajukan daerahnya. Bukan hanya dari aspek pembangunan infrastruktur, tapi juga pengembangan pendidikan. Soalnya, saat ini masih ada sekolah dasar (SD) yang kondisinya sangat memprihatinkan. Lihat saja SD Tapukuo di Kecamatan Lasolo Kepulauan (Laskep), dinding dan atapnya terbuat dari rumbia, luasnya juga hanya 15 meter persegi.

Helmin Tosuki, Konawe Utara

Wati hanya duduk termenung di belakang sebuah bangunan yang lebih layak disebut gubuk. Maklum, atap dan dindingnya terbuat dari daun rumbia. Luasnya juga hanya sekira 3×5 meter. Gadis cilik yang baru menginjak kelas 2 sekolah dasar (SD) ini tak menghiraukan sinar mentari yang mulai terik. Dia juga tak tertarik dengan beberapa temannya yang sedang asyik bermain di halaman gubuk tersebut.

Gubuk itu ternyata tempat dia menuntut ilmu selama ini. Meski kondisinya sangat tak layak, namun tak menghalangi dia bersama 29 temannya untuk belajar di tempat itu. Hari itu, Jumat (25/8), dia duduk sendirian karena sedih tak lagi mendapat pelajaran selama beberapa hari ini. “Sudah dua minggu guru kami tidak datang mengajar,” ujarnya.

Warga sekitar menyebut gubuk itu sebagai SD Tapukuo. Sekolah ini berada dalam wilayah administrasi Desa Tapunopaka Kecamatan Laskep. Kondisi bangunannya memang masih jauh dari kata layak. Bangunan sekolah dengan luas sekira 3×5 meter itu berada di tengah permukiman warga bajo yang dikelilingi pepohonan kelapa.

Bangunan sekolah dasar ala kadarnya itu hanya terbuat dari rumbia berbentuk segiempat. Baik dinding maupun atapnya. Lantainyapun hanya beralasakan pasir. Dinding dan atap sekolah tampak berlubang. Sehingga cahaya matahari dari sudut manampun menembus seisi ruangan. Di dalam ruangan terdapat beberapa bangku dan kursi ala kadarnya. Di depannya ada sebuah papan tulis terpajang berukuran sekira 1×2 meter.

1 of 3

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top