Penyerahan Aset SMA di Sultra Belum Tuntas, WTP Terancam Gagal Dipertahankan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Penyerahan Aset SMA di Sultra Belum Tuntas, WTP Terancam Gagal Dipertahankan

KENDARIPOS.CO.ID — Pengelolaan sekolah menengah atas (SMA) memang sudah resmi menjadi kewenangan provinsi sejak Januari lalu. Namun itu tidak berarti bahwa tanggung jawab kabupaten dan kota telah tuntas. Sebab masih ada urusan penyerahan aset yang belum selesai hingga saat ini. Bahkan hal itu sempat menjadi catatan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sultra terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemprov Sultra tahun 2016. Bila tidak segera melakukan penertiban aset itu, maka opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang diraih selama empat tahun berturut-turut terancam gagal dipertahankan.

Menanggapi hal itu, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra akan segera melakukan verifikasi aset SMA di daerah-daerah. Kepala Bidang Aset BPKAD Sultra, Harsid mengatakan kabupaten dan kota di Sultra memang sudah menyerahkan aset sekolah itu kepada Pemprov. Hanya saja, soal kelengkapan dokumen belum seluruhnya dipenuhi. “Banyak yang kurang seperti sertifikat, fasilitas dan lain-lain,” ujar Harsid, Senin (28/8).

Bukan hanya bentuk fisik aset, soal nilai aset juga masih perlu ditinjau ulang. Karena daerah membuat laporan asetnya masih dinilai belum maksimal. Beberapa hal masih belum sesuai dengan mekanisme pelaporan dan tata cara perhitungan aset. “Barang habis yang digunakan itu bukan aset namanya. Kemudian ada yang bikin laporan nilai gedung dan lainnya mencapai Rp 8 miliar. Setelah kita cek hanya kurang lebih Rp 2 miliar, harus dikroscek ulang lalu kita buatkan laporan aset yang baru,” ungkap Harsid.

Verifikasi aset itu kata Harsid akan dilakukan setelah penetapan anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P). Sebab, anggarannya baru disiapkan dalam konsep raperda tersebut. “Kita butuh anggaran untuk itu, makanya kita tunggu penetapan,” tukasnya. Soal kaitannya dengan WTP itu, Harsid membenarkan. Bahkan Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata sudah menginstruksikan agar menjadi perhatian serius bagi instansi terkait. “Targetnya verifikasi selesai tahun ini juga. Supaya LKPD 2017 tidak ada catatan lagi dari BPK,” tutup Harsid. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top