Penambangan di Luar IUP, Polda Sultra Agendakan Cek Lahan Perusahaan di Konsel – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Hukum & Kriminal

Penambangan di Luar IUP, Polda Sultra Agendakan Cek Lahan Perusahaan di Konsel

Dolfie Kumaseh

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah memeriksa Kuasa Direktur PT Jagat Raya Tama (JRT), Antonio dan Kepala Teknik Tambang (KTT), Krisna, penyidik Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sultra mengagendakan mengecek lahan konsesi PT. JRT. Pengecekan dilakukan untuk memastikan ada tidaknya dugaan penambangan di luar Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT. JRT di Kecamatan Palangga, Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Saat ini penyidik tengah menyiapkan administrasi terkait agenda pengecekan lokasi. Termasuk bersurat ke Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra. Agenda pengecekan lahan PT.JRT itu dibenarkan Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh. Penyidik juga meminta ahli dari ESDM Sultra untuk memetakan koordinat konsesi perusahaan tersebut. Kompol Dolfi Kumaseh mengatakan berdasarkan penyelidikan awal, penyidik telah menemukan adanya indikasi perbuatan melawan hukum. “Kita akan cek lokasi dalam waktu dekat ini,” ujar Kompol Dolfi, Senin (28/8).

Kompol Dolfi menjelaskan dugaan penambangan di luar IUP itu cukup luas, sekira satu hektare. Jika dalam penyelidikan ditemukan dugaan itu benar maka kemungkinan penyidik akan melakukan pemeriksaan saksi tambahan, lalu menaikan status kasus ini ke penyidikan. “Intinya, kami akan memeriksa sejumlah saksi lagi,” ungkap Kompol Dolfi.

Untuk diketahui, kasus ini diselidiki polisi atas laporan masyarakat terkait adanya dugaan pelanggaran undang-undang pertambangan. PT JRT ini diduga menambang diluar IUP. PT JRT memiliki lahan seluas 1.799 hektare di Kecamatan Palangga, Kabupaten Konsel. (ade/c)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top