Lods Tak Difungsikan, PAD Wakatobi Minim – Hacked by TryDee
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Wakatobi

Lods Tak Difungsikan, PAD Wakatobi Minim

KENDARIPOS.CO.ID — Banyaknya lods pada beberapa pasar di Wakatobi yang tak difungsikan, menimbulkan masalah. Akibatnya, pendapatan asli daerah (PAD) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) mengalami penurunan drastis. Bahkan, instansi terkait mengklaim target tahun ini dipastikan tidak akan tercapai.

Kepala Disperindag Wakatobi, Kamaruddin, mengaku, merosotnya PAD disebabkan banyaknya kios yang tidak dibuka oleh pedagang. Apalagi sebagai sumber PAD, pasar merupakan bagian paling penting. Sehingga banyaknya kios-kios tak berpenghuni mengakibatkan kerugian bagi daerah.

“Disperindag ini jelas sumber PAD dari pasar. Kalau banyak kios yang tutup atau tidak beroperasi maka akan berdampak,” ungkap Kamaruddin, Senin (28/8). Bukan hanya lods dan kios di pusat ibu kota, beberapa pasar yang telah dibangun di beberapa pulau lainnya juga bahkan tak difungsikan sama sekali. Baik Pasar di Kecamatan Tomia Induk dan di Binongko.

Parahnya, menurut mantan Kepala Dinas PU, Tata Ruang, Pertambangan dan Energi Wakatobi ini, seluruh perdagangan pada salah satu pasar di Kaledupa yang menempati kios dan lods tak membayar retribusi sama sekali. “Di sana, karena satu orang tidak membayar maka yang lainnya ikut-ikutan,” tambahnya. HIngga Juni lalu, persentase pemasukan PAD baru mencapai angka 30. “Makanya ini akan kami seriusi. Ini tantangan bagi saya karena menyangkut penilaian kinerja sebagai kepala dinas,” kata Kamaruddin. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top