Kakanwil Kemenag Sultra : Hewan Kurban Harus Sesuai Syariat – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Kakanwil Kemenag Sultra : Hewan Kurban Harus Sesuai Syariat

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Idul Adha atau hari raya Kurban dirayakan umat Islam setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Dalam penanggalan masehi, perayaan Idul Adha tahun ini diperingati pada hari Jumat, 1 September 2017. Untuk itu Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Sulawesi Tenggara (Kemenag Sultra) mengimbau agar memilih memilih hewan kurban yang sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir menuturkan hewan yang layak untuk menjadi kurban yaitu unta, sapi dan kambing, baik domba atau kambing biasa. Lanjut dia, sedangkan usia hewan kurban tersebut secara syariat yakni kambing berusia satu tahun, sedangkan sapi berusia dua tahun. Kondisi fisiknya juga harus sehat dan sempurna dari ternak lainnya.

Selain itu, fisik hewan kurban tidak boleh cacat. Misalnya, mengalami mata buta, kanan atau kiri, pincang dan sangat kurus atau hewan tersebut berpenyakitan. “Upayakan hewan yang dikurbankan sesuai ketentuan dalam hukum Islam,” ujar Abdul Kadir di ruang kerjanya, Senin (28/8).

Bagi umat muslim yang mampu secara ekonomi maka dianjurkan untuk kurban secara perorangan. Sebaliknya jika belum mampu bisa berkelompok atau urunan untuk membeli satu ekor sapi atau kambing. Abdul Kadir menambahkan daging kurban harus diberikan yang berhak menerimanya seperti masyarakat miskin atau tidak mampu. Sehingga momen Idul Adha ini juga sebagai wujud saling memberi satu sama lainnya. (kus/c)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top