Bupati Kolut Fokus Tingkatkan Sektor Pertanian – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kolaka Utara

Bupati Kolut Fokus Tingkatkan Sektor Pertanian

KENDARIPOS.CO.ID — Pasangan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kolaka Utara (Kolut), Nur Rahman-H. Abbas segera menyusun rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) 2017-2022. Untuk program hingga lima tahun ke depan, Kolut-1 itu memilih fokus pada peningkatan sektor pertanian.

“Sudah menjadi tuntutan sejak tiga bulan setelah kami dilantik agar menuntaskan penggodokan RPJM 2017-2022. Implementasi visi yang menargetkan Kolut sebagai kabupaten madani di Sultra telah diurai dalam delapan misi. Salah satunya menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan dan bebas korupsi, mengembangkan sektor pertanian secara menyeluruh, meningkatkan pelayanan dan kualitas kesehatan merata serta pendidikan berbasis kompetensi yang terjangkau,” paparnya, Senin (28/8).

Selain itu cita-cita kedua pasangan kepala daerah tersebut juga membidik peningkatan usaha ekonomi baik kecil dan menengah, memberdayakan wira usaha pemuda, mengembangkan dan memelihara infrastruktur serta menyelaraskan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan semangat keberagaman.

“Dari semua misi tersebut dalam lima tahun ke depan, kami akan bertumpu pada ekonomi kerakyatan dari sektor  pertanian secara luas baik perkebunan, tanaman pangan dan hortikultura,” ujarnya.

Satu periode kepemimpinan Nur Rahman yang fokus ke pertanian tentu tanpa mengabaikan aspek lain dan tetap akan dilanjutkan sesuai sektor masing-masing. Pertanian menjadi konsentrasi dengan alasan, 78 persen masyarakatnya menggeluti bidang tersebut. “Jika itu digenjot secara otomatis mendongkrak kesejahteraan mereka yang berdampak peningkatan daya beli, modal untuk investasi, menabung sebagai jaminan hari tua dan lainnya,” jelas bupati.

Logikanya sambung Nur Rahman, apabila kesejahteraan berhasil dimaksimalkan, maka secara otomatis berimbas pada penguatan sektor industri, konstruksi hingga perdagangan jasa. Keuntungan lain juga mempengaruhi peningkatan di sektor pendidikan yang lebih baik, kesehatan dan lainnya. “Sentuhannya hanya di ekonomi. Apalagi pembangunan infrastruktur sebelumnya sudah jauh lebih baik dan tinggal ditingkatkan. Saya yakin para anggota dewan di Kolut akan pasang badan dengan program ini, karena sebagian besar lahir dari keluarga petani dan sampai saat ini ada yang masih menggeluti bidang tersebut,” optimis Nur Rahman. (c/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top