BI Sultra Imbau Perbankan Turunkan Bunga Kredit – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Ekonomi & Bisnis

BI Sultra Imbau Perbankan Turunkan Bunga Kredit

Kantor BI Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Bank Indonesia (BI) telah mengambil kebijakan untuk menurunkan seven day repo rate (suku bunga acuan perbankan) sebesar 0,25 persen, dari 4,75 persen menjadi 4,50 persen. Penurunan bunga acuan tersebut diharapkan akan diikuti dengan turunnya bunga kredit pada perbankan. Deputi Bidang Ekonomi Moneter Kantor Perwakilan BI Sulawesi Tenggara (Sultra), Harisuddin mengungkapkan, melalui penurunan suku bunga BI berharap semua daerah, termasuk perbankan Sultra dapat menurunkan suku bunga kredit secara bertahap. Kalau suku bunga kredit turun maka secara otomatis perekonomian akan semakin terpacu.

“Dengan demikian, kebutuhan kebutuhan masyarakat terhadap kredit modal investasi dan modal kerja akan semakin meningkat. Artinya, sektor riil akan bergerak mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Hanya saja, dampak dari kebijakan akan terasa setelah dua atau tiga bulan pascapenetapan penurunan suku bunga acuan,” ungkapnya.

Dasar kebijakan BI mengambil keputusan menurunkan suku bunga acuan disebabkan dua kondisi, yakni global dan domestik. Dari sisi global, isu tentang The Feb (bank sentra Amerika) yang ingin menaikan suku bunga sudah mereda. Dengan demikian, tidak ada kekhawatiran ada aliran dana keluar. “Dari sisi domestik karena inflasi yang terjadi masih dalam rentang waktu yang terkendali sesuai standar yang ditetapkan. Terbukti hingga Juli 2017 masih 2,60 persen yang masih terbilang rendah. Kemudian, defisit transaksi berjalan masih dalam batas yang aman, yakni dibawah 3 persen,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, setelah seven day repo rate diturunkan, maka BI juga menurunkan suku bunga deposit fasility dari 4,00 persen menjadi 3,75 persen. Selain itu, kebijakan landing fasility juga turun dari 5,5 persen menjadi 5,25 persen. Deposit dan landing fasility sama-sama turun sebesar 0,25 persen. “Deposit fasility merupakan fasilitas yang disediakan BI agar perbankan bisa menyimpan kelebihan dananya dalam bentuk tabungan. Sementara landing fasility merupakan layanan yang memungkinkan perbankan meminjam dana dari BI jika kekurangan likuiditas,” tutupnya. (myu/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top