18 Anak di Sultra Operasi Bibir Sumbing – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Sulawesi Tenggara

18 Anak di Sultra Operasi Bibir Sumbing

KENDARIPOS.CO.ID — Tangisan beberapa anak terdengar dari balik pintu ruang operasi Rumah Sakit Santa Ana, Kendari, Sabtu (26/8). Rupanya belasan pasien yang didominasi anak-anak tengah menunggu giliran melakukan operasi bibir sumbing gratis yang digelar PT.Antam dan Yayasan Smile Train Indonesia. Sebagian anak menangis lantaran syok melihat ruang dan peralatan operasi. Tangisan reda setelah ditenangkan orang tua yang ikut mendampingi.

Vice President HC and CSR Antam Unit Bisnis Pengembangan Nikel (UBPN) Sultra, dr. Hakim Nur Mampa mengatakan operasi gratis ini merupakan bentuk kepedulian PT. Antam kepada penderita bibir sumbing di Sultra. Penderita bibir sumbing masih cukup banyak dan berpotensi terus bertambah. Penderita umumnya tinggal di desa-desa terpencil. Makanya, PT.Antam beberapa kali menggelar kegiatan serupa untuk memberikan rasa empati kepada mereka.

PT.Antam kata dr. Hakim Nur Mampa, memfasilitasi seluruh biaya akomodasi pasien mulai perjalanan ke Kendari hingga biaya operasi ini di rumah sakit. “Pasien berasal dari seluruh Sultra. Rinciannya 10 pasien dari Kolaka, satu dari Konawe Utara, empat dari Konawe Selatan dan tiga pasien dari Kota Kendari,” ujar dr.Hakim disela-sela memantau pelaksanaan operasi di RS Sant Ana di Kecamatan Kendari Barat, akhir pekan lalu.

Operasi bibir sumbing gratis merupakan realiasasi program Corporate Social Responsibility ( CSR) PT.Antam, kaitannya dalam upaya peningkatan kesehatan di sekitar wilayah operasional perusahaan. PT.Antam berupaya membantu masyarakat yang menderita bibir sumbing dan langit-langit mulut untuk dioperasi. PT. Antam menggandeng bekerjasama dengan Yayasan Smile Train Indonesia.

Sementara itu, Program Director Smile Train Indonesia, Ruth Monalisa mengapresiasi niat baik PT. Perempuan yang karib disapa Mona itu mengatakan Yayasan Smile Train Indonsia merupakan organisasi nonprofit yang khusus menangani celah bibir dan langit-langit mulut. “Tujuan utama kami adalah memberikan pengobatan dan perawatan celah bibir dan langit-langit yang aman dan berkualitas kepada jutaan pasien yang tidak mampu secara ekonomi,” ujar Mona yang ditemui disela-sela operasi.

Mona sangat menghargai niat baik PT Antam. Terlebih lagi memfasilitasi penderita bibir sumbing mulai ongkos perjalanan hingga operasi di Kendari. “Karena selama proses pengobatan di Kota Kendari, seluruh biaya pengobatan, penginapan dan konsumsi pasien termasuk keluarganya ditanggung PT.Antam. Bahkan hingga biaya pulang,” kata Mona. (ade/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top