Transaksi Nontunai Tunggu Edaran Wali Kota – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Transaksi Nontunai Tunggu Edaran Wali Kota

Alamsyah Lotunani

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Kendari dalam waktu dekat sudah akan menerapkan transaksi nontunai sebagaimana yang diinstruksikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Saat ini, penerapannya tinggal menunggu surat edaran (SE) yang diteken Wali Kota Kendari, Asrun. Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Alamsyah Lotunani belum dapat menyampaikan item yang akan diberlakukan dalam transaksi nontunai. “Kami sudah ajukan ke wali kota, tinggal ditanda tangani saja. Itemnya ada banyak, tapi nanti disampaikan kalau sudah disetujui,” ujar Alamsyah Lotunani, Jumat (25/8).

Dirinya menilai, penerapan transaksi nontunai akan sangat bermanfaat. Terutama, kata Alamsyah, dari sisi pengelolaan anggaran yang akan lebih transparan dan akuntabel. “Selain itu dari sisi efektifitas dan efisiensi pasti meningkat lagi,” paparnya. Mengenai kapan persisnya akan diterapkan, Alamsyah Lotunani belum memastikan. Sejauh ini, masih akan dilakukan pengecekan kesiapan seluruh instansi. “Mungkin kita akan uji coba dulu. Jelasnya kebijakan itu sesuai imbauan pemerintah pusat, Januari 2018 harus sudah dilaksanakan,” tukasnya.

Sementara itu, rencana pemberlakuan transaksi nontunai tersebut mendapat dukungan penuh dari DPRD Kota Kendari karena kebijakan itu sangat efektif mencegah potensi kebocoran anggaran. “Saya pikir sudah saatnya kita memanfaatkan teknologi. DPRD sangat mendukung kebijakan itu agar segera diterapkan,” ungkap Alamsyah Lotunani.

Selain manfaat itu, DPRD juga menilai transaksi nontunai akan memudahkan tugas legislatif dalam menjalankan fungsi pengawasan dan fungsi kontrol terhadap pelaksanaan program pemerintah. Malah, dewan berharap dan jika diperkenankan, dapat melakukan pemantauan penggunaan anggaran secara online. “Tentu jika sudah semua terintegrasi kedalam sistem online, mungkin kami bisa memantau juga. Misalnya, PAD sampai bulan sudah berapa. Hal seperti itu akan sangat positif,” pungkasnya. (m1/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top