Bonggar Penggelapan Ratusan Sepeda Motor, Polda Sultra Bidik Pihak Asuransi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Bonggar Penggelapan Ratusan Sepeda Motor, Polda Sultra Bidik Pihak Asuransi

Ilustrasi barang bukti motor curian

KENDARIPOS.CO.ID — Sepak terjang Andi Aco dan kawan-kawan dalam dugaan penggelapan ratusan sepeda motor sungguh mencengangkan penyidik Polda Sultra. Sebab, sebagian laporan kasus yang ditangani Polres Kendari itu masuk juga di Polda Sultra. Bahkan penyidik Subdit IV Ditreskrimum Polda Sultra berhasil mengamankan empat unit sepeda motor pabrikan Yamaha dari Andi Aco dan ketiga kawananya, Pandi Arta, Muhamad Fauzul dan Laode Abdul Sukma. Penyidik juga bakal menggarap pihak asuransi untuk mengungkap kejahatan terstruktur tersebut.

Kasubdit IV Ditreskrimum Polda Sultra, AKBP Harjoni Yamin membenarkan pihaknya sedang menggarap kasus dugaan penggelapan sepeda motor yang dilakukan Andi Aco dan kawan-kawan. AKBP Harjoni juga membenarkan akan mengusut hingga ke pihak asuransi. Empat unit sepeda motor yang disita ini berdasarkan laporan perusahaan pembiayaan, PT Oto beberapa waktu lalu.

Menurut AKBP Harjono, kasus yang ditangani masih sama dengan yang ditangani Polres Kendari. Modusnya pun sama, yakni membuat data-data fiktif, agar pembiayaan dapat mengeluarkan dana untuk membeli motor di dialer. Setelah kendaraan keluar barulah dijual ke masing-masing pembeli. “Sama kasusnya. Pokoknya akan kami dalami. Siapa sebenarnya yang terlibat selain mereka (Andi Aco dan ketiga kawannya),” ujar AKBP Harjoni, Jumat (25/8).

Terkait akan mendalami peran pihak asuransi, AKBP Harjoni memastikan itu karena ada dugaan oknum internal asuransi turut dalam pemufakatan jahat ini. Karena itu, penyidik kata dia akan segera memanggil dan meminta keterangan pihak asuransi. Sayangnya, nama perusahaan asuransi belum disebutkan. “Karena motor-motor ini diasuransikan. Ini yang kita cari tahu. Kita akan bongkar, agar kasus semacam ini tak terulang,” tegas AKBP Harjoni.

Penyidik Subdit IV Ditreskrimum Polda Sultra masih mengusut kasus tersebut. Bahkan Andi Aco Cs sudah diperiksa di Rutan Kendari. “Sejauh ini, sambil kita dalami kasusnya, perampungan berkas kepada keempatnya juga masih kami lakukan,” tambah AKBP Harjoni. Andi Aco rupanya telah divonis bersalah oleh hakim PN Kendari. Dia dihukum satu tahun enam bulan penjara karena terbukti dalam kasus penggelapan motor. Sementara tiga kawanannya masih menjalani persidangan. Hal itu dibenarkan Kasi Pidum Kejari Kendari, Rahmat, SH. JPU menuntut Andi Aco dengan ancaman dua tahun penjara. Namun hakim menjatuhkan vonis satu tahun enam bulan. “Sudah vonis. Saya tuntut waktu itu dua tahun,”kata Rahmat, SH. (ade/c)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top