Dinkes Konawe : Penerima KSK Diprediksi Bertambah – Hacked by TryDee
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe

Dinkes Konawe : Penerima KSK Diprediksi Bertambah

M. Aris

KENDARIPOS.CO.ID — Kartu Sehat Konawe (KSK) menjadi salah satu program pemerintah kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk melayani seluruh warganya di di daerah yang dijuluki lumbung beras Sulawesi Tenggara (Sultra) tersebut. KSK sendiri merupakan integrasi dari Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dibiayai melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Sebelumnya, penerima KSK berjumlah 26 ribu jiwa dan diprediksi terus bertambah. Kepala Dinkes Konawe, M. Aris mengatakan, pendataan penerima KSK terus berjalan dan akan selalu diperbaharui setiap tiga bulan sekali. Itu berdasarkan laporan dari Puskesmas yang dilanjutkan ke Dinkes untuk kemudian diserahkan ke BPJS untuk diverifikasi, apakah sudah terdaftar dalam KIS.

“Kalau terdaftar, maka ia tidak bisa menerima KSK, karena Pemkab hanya mengakomodir warga yang belum punya KIS,” ujarnya, Jumat (25/8). Jumlah peserta terbaru yang mereka serahkan pada BPJS ada tambahan hingga ribuan orang, sehingga diprediksi akan banyak penerima KSK baru. Akan tetapi, kuota KSK nanti akan ditentukan pada APBD Perubahan 2018. “Kita masih tunggu hasil validasi BPJS. Kalau ada tambahan penerima, maka anggaran KSK juga harus ditambah. Kalau tidak ada, ya bagus. Berarti pelayanan kesehatan kita sudah merata,” terangnya.

Ia juga kembali meningatkan, program KSK merupakan terusan dari pemerintah pusat, namun dibiayai daerah. Pemkab harus mengalokasikan anggaran untuk mengakomodir keluarga kurang mampu yang belum masuk BPJS pusat ke dalam KSK. “Intinya untuk pelayanan kesehatan yang maksimal dan menjangkau semua kalangan tidak mampu. Jadi, kepala desa juga harus jeli melihat warganya dan melaporkan ke Puskesmas terdekat,” imbau Aris. (c/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top