Benahi Rumah Warga Miskin, Baznas Sultra Salurkan Sedekah PNS – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Benahi Rumah Warga Miskin, Baznas Sultra Salurkan Sedekah PNS

Muskia, warga Desa Soropia, Konawe tak bisa menyembunyikan keharuannya saat kediamannya disambangi tim Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sultra.

KENDARIPOS.CO.ID — Muskia, warga Desa Soropia, Konawe tak bisa menyembunyikan keharuannya saat kediamannya disambangi tim Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sultra dan Bank Sultra. Dia sebelumnya memang sudah dibisik oleh kepala desanya jika akan mendapat bantuan dari Pemprov Sultra untuk membenahi gubuknya yang jauh dari kata layak. Kabar dari kepala desanya akhirnya terwujud, Jumat (25/8) siang.

Muskia memang sebentar lagi akan memiliki rumah yang lebih layak. Kepala Desa Soropia Indrawati mengatakan warganya itu memang sudah lama tinggal di rumah yang tak layak huni. Atapnya tak lagi bisa melindungi Muskia dari sengatan matahari dan hujan. Sebab, sudah bocor dimakan usia.

Begitu pula dinding rumah Muskia, meski berdinding tembok tapi sudah retak pada beberapa bagian. Diperparah lagi dengan perabot dapurnya yang semrawut. Muski juga tak punya sarana air bersih dan listrik di dalam rumah. Kamar mandi pun tak punya. Selama bertahun-tahun, Muskia menumpang di kamar mandi milik tetangganya untuk membuang hajat. “Saya sudah masukkan ibu Muskia ini dalam daftar penerima bantuan dana desa, tapi dananya belum turun. Kebetulan ada teman yang upload di facebook, dan sampai ke Baznas, saya dihubungi kalau mereka siap membantu,” ujar Indrawati, kades yang baru menjabat satu tahun ini.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sultra, Hasby Andi Saing mengaku begitu terkejut melihat kondisi rumah Muskia. Baginya itu tak layak lagi disebut hunian. Tak ada kasur pengalas tidur, tak ada rak pakaian. Hanya ada beberapa kursi usang yang masih bisa digunakan. “Sangat memprihatinkan. Sudah 72 tahun Indoensia merdeka masih ada juga masyarakat kita yang tidak punya rumah layak. Muskia ini tak punya suami atau anak yang mengurus, saya tidak tahu bagaimana dia makan sehari-hari,” ungkap Hasby Andi Saing.

Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Setprov Sultra itu memastikan Baznas Sultra akan merehabilitasi rumah Muskia dengan dana yang sudah terkumpul di rekening Baznas saat ini. Baznas tak sendiri, ada Bank Sultra yang juga sudah mengkonfirmasi kesediaannya. “Kita ganti mulai dari dinding, lantai dan membuatkan kamar mandi, Bank Sultra juga siap bantu atap,” jelas Hasby Andi Saing.

Bantuan rumah itu kata dia dilakukan dalam rangka merealisasikan program Sultra Peduli Kemerdekaan. Penerima bantuan serupa bukan hanya Muskia, tetapi beberapa warga lain yang sudah di data oleh Baznas. “Selain bantu perbaiki rumah kita juga akan kasih uang tunai untuk belanja, karena mereka juga tidak sumber penghasilan selain dari uluran tangan dari keluarga dekat ataupun tetangga,” tambahnya. Hingga Agustus ini Baznas sudah mendistribusikan bantuan ke masyarakat kurang mampu sekitar Rp 400 juta. “Makanya PNS tidak perlu ragu saat bersedekah, toh itu juga kita sampaikan kepada yang berhak tanpa menunda-nunda,” pungkasnya. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top