Awasi Kontraktor Nakal, LPJK Gandeng Kendari Pos – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Awasi Kontraktor Nakal, LPJK Gandeng Kendari Pos

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin (kiri) saat menerima rombongan LPJK Sultra, yang dipimpin Buhardiman berkunjung ke Kendari Pos, Jumat (25/8/2017)

KENDARIPOS.CO.ID— Media massa merupakan elemen penting untuk mengawal pemerintah dalam menyampaikan program pembangunanya, tidak terkecuali di sektor infrastruktur. Hal itu disadari betul oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Kasus dugaan korupai pada Dana Alokasi Khusus di Muna yang disinyalir melibatkan 20 kontaktor rupanya menjadi pelajaran penting bagi LPJK.

Hal itu pula yang memotivasi lembaga dibawah pimpinan Buhardiman ini memilih menjalin kemitraan dengan Kendari Pos, media terbesar di Sultra. LPJK pun melakukan kunjungan ke Graha Pena, kantor Kendari Pos, Jumat kemarin. Buhardiman beserta lima orang pengurus LPJK diterima langsung oleh Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainudin, Jumat (25/8). Dua institusi ini mendiskusikan perkembangan infrastruktur di Bumi Anoa ini.

Menurut Ketua LPJK itu, sektor infrastruktur menduduki peringkat ketiga menjadi instrumen ekonomi di Sultra ini. Saking banyaknya proyek pembangunan, cukup membuat perputaran uang dan penyerapan tenaga kerja mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal itu dinilainya perlu mendapat pengawalan dari media masaa agar tidak terjadi penyimpangan.

“Dan kami menilai, Kendari Pos cocok menjadi mitra. Media ini memiliki pemberitaan yang sangat informatif. Contohnya, kasus DAK Muna, Ring road Wawonii dan kasus lainnya itu saya dapat berita dari Kendari Pos. Untuk itu, kami sangat berharap dapat menjalin kerja sama sebagai bentuk upaya pengawasan terhadap pelaku konstruksi di Sultra yang jumlahnya mencapai 4000 kontraktor” ujar Buhardiman.

Ia juga mengungkapkan niatnya menggandeng Kendari Pos pada kegiatan workshop yang akan digelarnya awal September nanti. Dirinya berharap media dengan tagline santun menginspirasi ini dapat terlibat dalam workshop yang akan mempermukan para kontraktor dan pemerintah itu.

Sementara itu, Irwan Zainudi, Direktur Utama Kendari Pos menegaskan fungsi peran media sebagai mitra kerja pemerintah. Tidak ada satu pun lembaga pemerintah yang luput dari pengawasan media dan juga instansi pemerintah tidak boleh alergi terhadap media. “Prinsip kami good news is good news. Kami berkomitmen menjadi unsur yang mendorong kemajuan daerah melalui pemberitaan program pemerintah yang positif. Tetapi kalau ada penyimpangan, penting juga bagi kami untuk mengingatkan,” paparnya.

Sebelumnya, LPJK lebih dulu berkunjung ke Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Sultra. Disana, Burhanudin dan rombongan berdiskusi tentang pemanfaatan aspal Buton yang masih sangat minim di daerah. Kebanyakan, proyek Pemda yang ditangani rekanan justru mengimpor bahan baku aspal dari luar daerah, bahkan luar negeri seperti Singapura.

“Padahal, sudah diatur dalam Perda tahun 2016, dimana pemerintah akan memberi kompensasi bagi kontraktor yang seratus persen menggunakan aspal buton. Tapi tidak juga digubris. Padahal, aspal Buton dari segi biaya dan kualitas, jelas lebih unggul. Kita malah cuek, dan yang gunakan itu justru negara Tiongkok,” paparnya.

Sukanto Toding, Kepala Balitbang Sultra yang menerima langsung kunjungan kemitraan itu menyampaikan hal senada. Dirinya menilai, butuh penelitian dan pengkajian mendalam mengenai pemanfaatan aspal Buton. Menurutnya, kebijakan pemerintah saat ini harus berbasis riset, pun tentang pemanfaatan sumber daya alam seperti aspal Buton. “Tepat sekali kalau ada kemitraan. Dan bukan saja LPJK, seluruh instansi pemerintah harus berkoordinasi dengan Balitbang, sehingga penerapan kebijakannya berbasis riset. Apalagi saat ini, berkaitan dengan peneilitian, pengkajian dan pengembangan sifatnya sudah satu pintu. Jadi saya sangat menyambut positif kerja sama ini,” imbuhnya. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top