PPK Lingkup UHO Dilatih Kelola Keuangan Yang Sehat – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

PPK Lingkup UHO Dilatih Kelola Keuangan Yang Sehat

Kusdin/Kendari Pos
Suasana workshop yangdiikuti PPK lingkup UHO, kamis (24/8).

KENDARIPOS.CO.ID — Komitmen untuk mewujudkan good governance dan daya saing tinggi, terus dilakukan pihak Universitas Halu Oleo (UHO). Salaha satunya dengan menggelar workshop khusus untuk Pejabat Pengelola Keuangan (PPK) di lingkup lembaga yang dipimpin Prof. Dr. Muhammad Zamrun, M.Si., MSc., pada salah satu hotel di Kendari, kamis (24/8).

Pelatihan yang dilaksanakan Satuan Pengawasan Internal (SPI) UHO tersebut, mengusung tema Manajemen Risiko Memperkokoh Good Governance dan Daya Saing, bertujuan untuk memberikan pengertian menganai risiko penyelewengan uang negara. Karenanya, SPI sejumlah pihak yang terkait dibidang tersebut, diantaranya adalah Inspektorat Jenderal Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Direktur Keuangan Universitas Gadjah Mada (UGM), Kantor Audit Internal UGM yang tampil sebagai sebagai pemateri.

Ketua Panitia Worshop, Prof. Dr. Weka Gusmiarty Abdullah, menuturkan bahwa peserta workshop berasal dari direktur dan dekan, wakil direktur bidang umum dan keuangan, wakil dekan bidang umum, perencanaan, dan keuangan, ketua lembaga, Kasubag Umum dan Keuangan, Kasubag Umum dan Perlengkapan, Keuangan dan Kepegawaian, Para pengelola keuangan rektorat.

Menurutnya, pelaksanaan pelatihan ini berangkat dari situasi lingkungan eksternal dan internal UHO yang mengalami perkembangan dinamis. Semakin kompleksnya risiko bagi pencapaian visi dan misi universitas. Risiko yang dimaksud adalah segala sesuatu yang berdampak negatif terhadap pencapaian tujuan yang diukur berdasarkan kemungkinan dan dampaknya. Hal ini akan meningkatkan kebutuhan praktik tata kelola yang sehat.

“Upaya pengelolaan keuanga yang efektif dan komprehensif, berdasarkan undang-undang tata kelola keuangan perguruan tinggi selalu ditingkatkan,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Pengawasan SPI UHO, Dr. Andi Basrul Wawo, SE., M.Si., Ak.CA., menyampaikan divisi ini baru setahun dibentuk di lembaga pengawasan. Walaupun masih minim pengalaman, tentu bukan menjadi alasan. Fungsi pengawas internal terus melakukan memantau pengelolaan keuangan UHO dalam rangka perbaikan dan kemajuan Kampus Hijau. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memeriksa konsep pelaporan penyusunan dokumen pengadaan barang dan jasa sesuai petunjuk teknis.(kus/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top