Perkebunan Warga di Konut Masuk Kawasan Hutan Lindung – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Konawe Utara

Perkebunan Warga di Konut Masuk Kawasan Hutan Lindung

KENDARIPOS.CO.ID — Areal perkebunan merica milik masyarakat Desa Pondoa, Kecamatan Wiwirano di Konawe Utara (Konut) teridentifikasi masuk dalam kawasan hutan lindung. Luasan lahan perkebunan merica milik warga Pondoa yang teridentifikasi tersebut mencapai 200 hektare.

“Kemarin(rabu(23/8)) kita lakukan patroli di wilayah Pondoa. Kami temukan banyaknya warga yang masuk berkebun dalam kawasan. Bahkan ada pembukaan desa baru yang pemukimannya masuk dalam kawasan,” ujar Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Bina Wahana XIX Konut, Marwan Khalik, Kamis (24/8).

Kondisi itu membuat KPHP harus bertindak membatasi pergerakan warga Pondoa dalam menggarap kawasan hutan untuk perkebunan. “Luasannya kita tracking. Kita akan terus patroli berdasarkan petunjuk Kementerian Kehutanan. Kita akan batasi masyarakat yang membongkar hutan. Yang sudah terlanjur dibuka, tahap awal kita lakukan pendataan luasan lahan. Baru dibentuk kelompok tani hutan. Jadi itu solusinya,” ujar mantan komisioner KPU Sultra itu.

Ketua GP Ansor Konut itu menilai untuk menerapkan aturan kehutanan terhadap kegiatan perkebunan masyarakat di wilayah hutan lindung, maka pola pemberdayaan menjadi solusi tepat agar membuahkan hasil maksimal dan tidak berimplikasi negatif terhadap penegakan hukum kehutanan.

“Kita ini sudah berhadapan dengan masyarakat. Di lokasi itu sudah ada perkebunan warga dan telah membuahkan hasil. Jadi luasan lahan untuk pengembangan kegiatan penebangan hutan di dalam kawasan hutan harus dihentikan,” tegas Marwan Khalik. (c/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top