Kementerian PUPR Kaji Usulan Pemkot Kendari Soal Jalan Lingkar jadi Jalan Nasional – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Kementerian PUPR Kaji Usulan Pemkot Kendari Soal Jalan Lingkar jadi Jalan Nasional

Jalan lingkar di Kota Kendari yang diusulkan menjadi jalan nasional.

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Kendari berupaya agar jalan lingkar luar (Outer Ring Road) dapat segera naik status dari jalan kota menjadi jalan nasional. Proses pengusulannya sudah diajukan sejak 2015. Pemkot Kendari dalam kendali Muhammad Ali Aksa berharap agar Kementerian PUPR segera merealisasikan usulan tersebut.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kota Kendari, Tigor mengatakan saat ini Kementerian PUPR masih mengkaji usulan kenaikan status jalan tersebut. Nantinya, akan ada peninjauan lapangan sebelum diresmikan menjadi jalan nasional. “Tapi nanti ada subtitusi, misalnya outer ring road dijadikan jalan nasional, nanti daerah dapat apa, itu akan dibahas. Yang jelas, manfaatnya sangat banyak. Diantaranya dari segi pembiayaan perawatan jalan,” ujar Tigor, Kamis (24/8).

Untuk outher ring road, lanjut Tigor, sangat memenuhi syarat menjadi jalan nasional. Pasalnya, fungsinya akan sangat strategis yakni menghubungkan pelabuhan dan terminal dimana akan menjadi jalur penghubung yang sangat penting dalam menunjang distribusi barang dan jasa di Metro Kendari ini. “Menurut kami memenuhi syarat karena posisi ring road yang menghubungkan pelabuhan Bungkutoko, New Port Kendari dan terminal Baruga. Semuanya itu merupakan titik vital,” ungkapnya.

Sampai saat ini, progres pengerjaan outer ring road baru mencapai 45 persen. Panjang total 33 kilometer dengan lebar 40 meter. Tersisa 18 kilometer yang belum teraspal. Total dana yang sudah dikucurkan mencapai Rp 195 miliar sejak 2014. Nantinya, outer ring road itu akan menjadi jalur penting untuk menunjang distribusi barang dan jasa di Kota Kendari.

“Alhamdulilah kami dapat bocoran dari Kementerian, tahun depan akan dianggarkan lagi melalui APBN 2018. Hanya berapa nominalnya, kami belum diberi informasi pasti,” ungkap Tigor. Jika outer ring road tersebut resmi ditetapkan sebagai jalan nasional, maka panjang jalan dengan status jalan kota di metro ini tersisan 490 kilometer. Semula hanya sekira 523 kilometer. (m1/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top