Juknis Terbit, DPMD Sultra Cari 281 Pendamping Desa – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Juknis Terbit, DPMD Sultra Cari 281 Pendamping Desa

Tasman Taewa

KENDARIPOS.CO.ID — Para pemilik ijazah sarjana di Sultra bisa kembali mengadu peruntungan dalam bursa lapangan kerja. Kali ini bukan melalui penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) melainkan lewat seleksi pendamping desa. Tahun ini, sekira 281 kuota untuk Sultra yang disetujui Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal.

“Kita usulkan sangat banyak, karena desa kita jumlahnya sekira 1.917, sedangkan pendampingnya baru 580-an. Idealnya satu pendamping cukup dua desa saja. Saat ini malah empat desa, jaraknya juga berjauhan. Bahkan ada yang menyeberang pulau,” ujar Tasman Taewa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sultra di ruang kerjanya, Kamis (24/8).

Mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sultra itu menuturkan pihaknya sudah menerima petunjuk teknis (juknis) sejak Rabu (23/8) malam lalu. Pendaftaran calon pendamping akan dimulai 26 hingga 31 Agustus. Pendaftar mengisi formulir pendaftaran melalui online. “Setelah peserta mendaftar, kami menunggu dari kementerian menyerahkan data jumlah pendaftar di Sultra. Nanti ujian tulis dan wawancaranya disini,” ungkap Tasman Taewa.

Ia merinci dari 281 kuota itu, sekira 18 orang untuk pendamping lokal desa. 263 lainnya adalah tenaga ahli yang di tempatkan di kecamatan dan kabupaten. Soal lokasi penempatan kerja, Tasman belum membuat drafnya. Sebab, kuota yang disetujui pusat terbilang sedikit dari jumlah yang dibutuhkan. Apalagi pendamping yang sudah ada saat ini masih perlu dievaluasi. Kemungkinan bisa terjadi pengurangan karena alasan tidak maksimal bertugas.

“Yang sekarang ini belum terlalu efektif bekerja. Ada yang rangkap, ada juga yang kesulitan menjalankan tugasnya karena alasan desa-desa yang menjadi tanggung jawabnya berjauhan. Sehingga selalu harus memilih salah satunya untuk terlibat lebih banyak,” tukasnya. Mengenai persyaratan calon pendamping masih kata mantan dosen Fisip UHO ini, peminat cukup melihat laman kementerian desa secara langsung. Disana semua dokumen yang dibutuhkan sudah ditampilkan sebagai formulir yang wajib diisi. Sementara untuk jadwal tes secara keseluruhan akan terus diupdate dalam lama tersebut. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top