Idul Adha, Kota Kendari Butuh Seribuan Hewan Kurban – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Idul Adha, Kota Kendari Butuh Seribuan Hewan Kurban

KENDARIPOS.CO.ID — Hari raya Idul Adha tinggal sepekan lagi. Dipastikan kebutuhan masyarakat akan hewan kurbankan akan meningkat. Di Kota Kendari diprediksi dibutuhkan seribuan ekor hewan kurban. Angka itu merujuk pada jumlah hewan yang dikurbankan tahun 2016, yakni 1.070 ekor sapi dan sekira 300 ekor kambing.

Untuk 2017 ini, kebutuhan diprediksi tidak akan jauh berbeda dengan jumlah tahun lalu. Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari, Murdiantoro memastikan jumlah hewan kurban yang dibutuhkan hampir sama dengan tahun lalu. “Sekarang sudah mulai meningkat, tapi baru dua ratusan. Biasanya tiga hari menjelang lebaran baru siginifikan,” ujar Murdiantoro, Kamis (24/8).

Seluruh kebutuhan hewan kurban tersebut didatangkan dari luar Kota Kendari, seperti Konawe Selatan, Konawe dan Kolaka. Pasalnya, meskipun populasi sapi di metro ini mencapai kurang lebih 3.000 ekor, hanya saja sistem peternakannya bukan untuk keperluan komersial.
“Mereka (masyarakat) hanya memelihara sapi untuk kebutuhan pribadi saja, misalnya untuk hajatan mereka, bukan untuk dijual. Sehingga, masyarakat yang akan berkurban biasanya memesan langsung dari luar Kendari,” terang Murdiantoro.

Sementara itu, terkait imbauan tidak diizinkannya berkurban dengan sapi produktif, Murdiantoro memastikan pihaknya akan melakukan pengawasan langsung di lapangan. Pihaknya juga akan membuat surat edaran kepada jajaran dinas, kecamatan dan kelurahan untuk turut melakukan pengawasan. Begitu pun dengan pengawasan kesehatan hewan, pihaknya juga akan melibatkan dinas terkait lainnya. “Kita minta kepada semua panitia kurban agar sebelum dan sesudah menyembelih hewan kurban, harap menghubungi kami. Supaya kami bisa periksa kesehatannya juga,” pungkasnya. (m1/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top