Haru dan Dramatis Pelantikan Bupati Buton di Kemendagri, Bupati Konawe Ikut Menangis – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
HEADLINE NEWS

Haru dan Dramatis Pelantikan Bupati Buton di Kemendagri, Bupati Konawe Ikut Menangis

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa bersama, Umar Samiun usai dilantik.

KENDARIPPOS.CO.ID — Kelak, Samsu Umar Abdul Samiun akan mencatat dalam biografinya pernah menjadi kepala daerah dengan usia yang sangat singkat. Hanya satu jam setelah ia dilantik sebagai Bupati Buton, mantan Ketua PAN Sultra ini langsung dinonaktifkan. Sebagai seorang terdakwa yang tengah menjalani proses persidangan, konsekuensi itu harus ia terima. La Bakry, yang bersamaan dilantik sebagai Wakil Bupati, secara otomatis menerima mandat sebagai Plt Bupati Buton.

Peristiwa dramatis itu hadir Kamis (24/8) di Gedung Sasana Bakti Praja, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pukul 14.00 WIB, Umar Samiun-panggilannya-bersama La Bakry dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Buton periode 2017-2023, setelah keduanya memenangkan Pilkada, Februari lalu “menghadapi” kotak kosong alias berstatus calon tunggal. Pengambilan sumpah dan penyematan lencana jabatan dilakukan Plt Gubernur Sultra, Saleh Lasata.

Pelantikan itu diawali dengan bernyanyi lagu Indonesia Raya kemudian pembacaan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Umar-La Bakry sebagai Bupati dan Wakil Bupati Buton dibacakan oleh Kepala Biro Pemerintahan Ali Akbar. Setelah itu, dihadapan Plt Sekjend Hadi Prabowo dan Dirjend Otonomi Daerah (Otda), Plt Gubernur Sultra Saleh La Sata pun menyematkan tanda kepangakatan di pundak Umar dan La Bakrie.

Pasca pemasangan tanda kepangkatan dan pengucapan sumpah, gemuruh tepuk tangan sebagai penghormatan dan rasa haru dari tamu yang hadir terdengar sangat meriah. Saleh Lasata, dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pihak Kemendagri karena sudah diberi bantuan dan kesempatan untuk melakukan proses pelantikan itu di Kemendagri.

“Ini adalah suatu penghormataan berharga bagi Sultra. Terimakasih lagi saya ucapkan kepada Pak Menteri (Mendagri), Pa Sekjend (Sekjend Kemendagri) dan Pa Dirjend Otda,” kata Plt Gubernur Sultra. Saleh menyebut, tidak semua daerah mendapatkan kesempatan melakukan pelantikan di Kemendagri.

“Saya bilang ini kehormatan, karena sebelumnya pelantikan seperti ini akan dilangsungkan di Rutan. Sekali lagi terima kasih,” ungkapnya.
Selain itu, Saleh juga mengucapkan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati Buton terpilih. Wakil Gubernur Sultra itu juga meminta agar pertikaian atau perbedaan di masyarakat Buton harus dihentikan. Saat ini akan lebih baik bersatu mendukung pemerintah untuk memajukan Buton. Pemkab Buton juga diminta secepatnya melakukan pembahasan RAPBD 2018.

1 of 3

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top