Festival Budaya Buton Sukses Terlaksana – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Buton

Festival Budaya Buton Sukses Terlaksana

Suasana pingitan ratusan gadis di Buton

KENDARIPOS.CO.DI — Setelah enam hari, seluruh rangkaian festival Budaya Tua Buton ke-V yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Buton akhirnya tuntas. Hajatan yang digelar sejak 19 Agustus lalu itu kelar Kamis, (24/8). Atusias masyarakat yang hadir dalam menyaksikan seluruh rangkaian kegiatan, sejak hari pertama event dibukan sangat tinggi. Itu terus berlanjut hingga puncak acara.

Sejak Kamis (24/8/2017) pagi, puncak pagelaran event pariwisata nasional itu dilaksanakan, ribuan masyarakat Buton telah memadati pelataran kompleks perkantoran Pemkab Buton, alun-alun Takawa. Mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga orang tua, seluruhnya terlihat bersemangat tidak ingin melewatkan momen yang ada.

Mereka hadir dengan pakaian adat Buton lengkap untuk mengikuti seluruh ritual adat yang dipentaskan. Mulai dari ritual pedole dole atau imunisasi tradisional dengan melibatkan 200 anak, festival tenunan Buton dengan menghadirkan 100 penenun, ritual Tandaki dengan melibatkan 200 anak, ritual Posuo atau tradisi pingitan dengan mengikut sertakan 200 anak gadis remaja, tardisi Pekande-kandea atau penyajian kuliner khas Buton dan makan bersama sebanyak 2.000 talang haroa dan pagelaran tari kolosal dengan jumlah penari 10.000 orang.

“Saya terkesima melihat pemandagan buadaya yang ditampilkan dalam event ini. Mulai dari tradisi ritual tandaki, wisata kuliner (pekande-kandea, red) hingga 10.000 penari kolosal adalah sebuah tampilan yang sangat luar biasa. Soliditas dan kebahagian yang terbangun, secara tidak langsung membentuk karakter anak-anak, ini sangat luar biasa,” sanjung Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Kementrian Pariwisata RI, Esthy Reko Astuti ditemani rombongan saat meyaksikan tampilan budaya Buton, Kamis (24/8).

Kata dia, pihaknya sangat mengapersiasi upaya dan kerja keras Pemkab Buton yang telah menyukseskan festival budaya tua Buton ke-V itu. Menurutnya, kegiatan tersebut penting untuk dilakukan, agar budaya bisa tetap terjaga dan dilestarikan. “Buton telah menujukan keseriusannya dalam mengesplor segala budaya yang dimilikinya. Ini merupakan nilai tersendiri yang dimiki daerah ini (Buton, red).

Namun begitu, wanita berhijab tersebut tetap memberikan saran khususnya berkaitan dengan manajemen waktu pelaksanaan event. “Hal yang terpenting adalah kepastian waktu pelaksanaannya yang harus disinergikan dengan musim libur atau kedatangan wisatawan mancanegara di Indonesia. Sehingga semua bisa kita promosikan untuk menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara,” ucapnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Sekab Buton, Kasim SH yang kemarin pagi statusnya masih Plh Bupati-mengungkapkan, pihaknya sudah memaksimalkan segala pelaksanaan rangkaian kegiatan yang ada untuk kesuksesan acara. Namun begitu, kedepan pihaknya akan berupaya untuk bisa melaksanakan event tersebut dengan keadaanya yang lebih baik dan meriah. (ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top