Tak Bayar Pajak, BP2RD Konsel Tertibkan Papan Reklame – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Konawe Selatan

Tak Bayar Pajak, BP2RD Konsel Tertibkan Papan Reklame

KENDARIPOS.CO.ID — Penegakan peraturan daerah (Perda) terus dimaksimalkan pihak Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Konsel untuk menggenjot pendapatan. Kontribusi sejumlah wajib pajak khususnya pemasang papan reklame, mulai dibidik. Sebab diketahui, banyak wajib pajak yang mengabaikan kewajibannya.

Rabu(23/8), BP2RD bersama anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan penindakan tegas dengan merobohkan sejumlah papan reklame yang dianggap tak memberi kontribusi bagi daerah. Kepala BP2RD Konsel, Sahrin Saudale,  menegaskan, salah satu cara meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di sektor pajak adalah dengan melakukan penindakan tegas terhadap penunggak pajak baik perorangan maupun badan usaha.

“Makanya kami mengidentifikasi papan reklame yang belum melunasi pembayaran pajak,” katanya. Ia mengungkapkan, penindakan tersebut bukan tanpa alasan. Sebab sebelumnya para wajib pajak tersebut telah diberi peringatan dan teguran hingga tiga kali. “Setelah itu kita akan mempublikasikan di media agar memberikan efek jera pada yang bersangkutan,” ancamnya.

Mantan Kepala Inspektorat Kabupaten Konsel ini merinci jenis pajak yang masuk dalam penertiban. Mulai dari pajak hotel dan hiburan, pajak rumah kos, baliho iklan, mineral bukan logam dan batuan, parkir, serta pajak bumi dan bangunan. Hingga 30 Juli 2017 lalu, realisasi penerimaan pajak baru tercatat sekitar 44,70 persen dengan nominal Rp 20.116.437.257 dari total target realisasi penerimaan pajak daerah tahun 2017 sebesar Rp 45.001.624.417. “Untuk realisasi penerimaan pajak yang dikelola sendiri oleh Dispenda Konsel sekitar 66,50 persen dengan nilai penerimaan pajak sebesar Rp5.100.923.078 dari target Rp 7.670.500.000 tahun 2017,” hitungnya.

Sahrin menilai kesadaran masyarakat Konsel untuk membayar pajak masih rendah. Ia berharap para wajib pajak untuk patuh membayar agar tak mendapat sanksi. (b/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top