Pertanian UHO Gagas Mina Padi Untuk Cegah Hama Tikus di Koltim – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kolaka Timur

Pertanian UHO Gagas Mina Padi Untuk Cegah Hama Tikus di Koltim

TIM PENGABDIAN DOSEN UHO FOR KENDARI POS
Tim Pengabdian Dosen Pertanian UHO berpose bersama petani di Desa Lara usai penyuluhan terkait sistem mina padi.

KENDARIPOS.CO.ID — Salah satu hama yang cukup menggangu pertumbuhan tanaman padi sawah adalah tikus. Serangan hama tikus (rattus argentiventer) tersebut berpotensi mengurangi hasil panen petani antara 10 hingga 30 persen. Salah satu solusi untuk pencegahan digagas dengan membuat tanggul berisi air atau konsep mina padi, sekaligus membudidayakan ikan pada sekitar area persawahan.

Petani di Desa Lara, Kecamatan Tirawuta, Kolaka Timur mulai menggagas sistem pencegahan hama dengan memberi nilai manfaat lebih itu. Ketua Tim Pengabdian Dosen Pertanian Universitas Halu Oleo (UHO), Abd. Rahman mengaku, petani di desa tersebut sangat respon positif program tekonologi tepat guna yang digagas akademisi tersebut.

“Selama ini mereka hanya menggunakan racun tikus atau kadang-kadang dibiarkan saja. Hasilnya, panen tak maksimal. Padahal penyuluh pertanian siap mendampingi. Kami akan terus melakukan bimbing teknis pada masyarakat mulai pengaturan air sampai panen,” tandas Abdul Rahman didampingi koleganya, Nuriadi, kemarin. (c/kus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top