Pertanian Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi  – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Pertanian Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi 

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja ekonomi Indonesia pada triwulan kedua 2017 berdasarkan besaran Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai Rp 3.366,8 triliun. Ekonomi Indonesia triwulan kedua 2017 dibandingkan triwulan kedua 2016 (yoy) tumbuh 5,01 persen. Sementara itu, dibandingkan triwulan pertama 2017 (q to q) tumbuh sebesar empat persen. Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), bila dilihat dari sisi produksi, pertanian merupakan sektor kedua yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi setelah industri pengolahan.

Kontribusi pertanian masih di atas sektor perdagangan dan konstruksi. Untuk triwulan kedua 2017 ini, sektor pertanian menyumbang 13,92 persen. Sementara itu, pada triwulan pertama 2017 kontribusinya 13,59 persen.

“Kita cuma di bawah Tiongkok yang 6,9 persen. Dengan kondisi ketidakpastian perekonomian global dan penurunan harga komoditas, hasil ini cukup bagus,” ucap Suhariyanto pada saat konferensi pers di Kantor BPS, Jakarta.

Bila dibandingkan dengan triwulan sebelumnya (q to q), pertanian menjadi sektor yang memiliki pertumbuhan tertinggi, yaitu sebesar 8,44 persen. Peningkatan ini diperoleh dari naiknya produksi sejumlah komoditas tanaman perkebunan seperti kopi dan tebu serta dari hortikultura. Pertumbuhan di sektor pertanian ini tidak lepas dari berbagai program pemerintah guna mewujudkan swasembada sejumlah komoditas pertanian strategis dengan menetapkan visi Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia 2045.

“Untuk beras, bawang merah, dan cabai, Indonesia sudah tidak impor sejak tahun lalu. Untuk jagung, hingga saat ini kami belum keluarkan rekomendasi impor, dan bahkan bawang merah, kami balikkan keadaan dengan mengekspor ke Thailand dan direncanakan juga untuk beberapa negara Asia Tenggara,” ujar Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman seusai mengadakan rapat Rembuk Nasional 2017, Selasa (22//8) lalu. (jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top