Pemkot Kendari Tetapkan 99 Lokasi Salat Idul Adha – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Pemkot Kendari Tetapkan 99 Lokasi Salat Idul Adha

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Kendari mulai melakukan beberapa persiapan jelang sepekan Idul Adha nanti. Pemkot sudah menetapkan lokasi salat Idul Adha di 99 titik yang tersebar di 11 Kecamatan di Metro Kendari. Begitu pun dengan titik lokasi berkurban, dipusatkan di lokasi tempat salat. Hal tersebut dimufakatkan usai Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Kendari melakukan rapat bersama dengan seluruh koordinator wilayah PHBI, Rabu (23/8).

Selain lokasi salat dan titik kurban, Pemkot juga akan memusatkan malam takbiran dilakukan di Masjid Nur Muhammad, Kelurahan Bonggoeya, Kecamatan Wua-Wua. Hal itu disampaikan Abdul Rauf, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Kota Kendari. “Untuk lokasi salat, masih sama dengan salat Idul Fitri yang lalu, yakni pada 99 titik. Untuk takbiran, semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) akan dipusatkan di Masjid Nur Muhammad,” ujar Abdul Rauf.

Sedangkan untuk pengelolaan hewan kurban, Abdul Rauf menyampaikan, sejauh ini sudah ada 200 ekor hewan kurban yang tersebar diberbagai wilayah lokasi kurban. Rinciannya, 285 ekor sapi dan 25 ekor kambing. Jumlah tersebut masih akan bertambah, mengingat hari H Idul Adha masih sepekan lagi. “Kita tidak ada target berapa hewan kurban. Kita hanya berharap masyarakat yang mampu untuk berkurban juga,” jelasnya.

Ditambahkan Abdul Rauf, seluruh jajaran SKPD akan diminta untuk turut menyediakan hewan kurban. Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk berbagi dalam momen hari raya kurban. “Nanti kami akan buatkan edarannya, nanti mereka (SKPD) diminta untuk berkurban semampunya,” tukasnya.

Abdul Rauf juga meminta kepada masyarakat yang hendak berkurban agar tidak memilih hewan produktif seperti sapi bertina dalam berkurban. Selain itu, kondisi kesehatan hewan juga harus diperhatikan agar tidak salah dalam memilih hewan kurban. “Kita akan koordinasikan dengan dinas terkait untuk pengawasannya nanti. Jelasnya sebelum hari H kita akan tinjau lokasi kurban,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Kendari, Alamsyah Lotunani mengimbau masyarakat untuk berkurban secara terpusat dimasing-masing lokasi yang sudah ditentukan. Tujuannya, agar pada pendistribusian kurban dapat dilakukan dengan merata. “Targetnya akan disalurkan kepada warga pinggiran kota. Kita tidak bisa pungkiri, disana lebih membutuhkan,” ujarnya. (m1/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top