Kejati Periksa Kembali Saksi Dugaan Korupsi di PDAM Baubau – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Kejati Periksa Kembali Saksi Dugaan Korupsi di PDAM Baubau

Kasi Penkum Kejati Sultra Janes Mamangkey

KENDARIPOS.CO.ID — Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra mengintensifkan pemeriksaan saksi-saksi kasus dugaan korupsi pengadaan mesin pompa air di perusahaan daerah air minum (PDAM) Kota Baubau. Para saksi pada tahap penyelidikan kembali diperiksa pada tahap penyidikan ini setelah Kejati menetapkan lima tersangka, meski belum disebutkan nama-namanya.

Kasipenkum Kejati Sultra, Janes Mamangkey, SH menjelaskan setelah penetapan tersangka dalam kasus dalam proyek senilai Rp 10 miliar itu, pihaknya memeriksa ulang para saksi. “Sesuai dengan prosedurnya, bahwa setelah menetapkan tersangka para saksi yang sudah diperiksa dalam penyelidikan diperiksa kembali pada proses penyidikan,” ujar Janes Mamangkey, SH, Rabu (23/8).

Adapun materi pemeriksaan saksi terkait keter libatan tersangka dalam proyek itu. Selain itu, peran saksi dalam melakukan pengawasan terhadap proyek miliaran rupiah itu. Tak hanya para saksi, jaksa peneliti juga akan kembali memeriksa lima tersangka di Kejati Sultra. Hasil pemeriksaan nanti akan menentukan apakah para tersangka ditahan atau tidak. “Untuk saat ini tersangka belum kami tahan, nanti setelah diperiksa baru ditentukan. Kalau para tersangka dianggap kooperatif, mungkin tidak ditahan. Khusunya yang berstatus PNS. Lain halnya kalau rekanan, tentu akan ditahan karena mereka bukan PNS,” papar Janes Mamangkey.

Ditanya siapa saja lima tersangka dalam pengadaan mesin pompa air itu, Janes Mamangkey masih tutup mulut. Salah satu pertimbangannya adalah menghindari potensi pemerasan terhadap para tersangka yang dimungkinkan dilakukan oknum-oknum tertentu. “Kami dapat laporan, ada yang hubungi salah satu tersangka tindak pidana korupsi dan mengatasnamakan pihak kejaksaan. Oknum tersebut memeras para tersangka dengan menjanjikan keringanan hukuman. Itu sudah beberapa kali terjadi, makanya kami batasi untuk publikasi,” tutupnya. (kmr/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top