Harga Sembako Stabil Jelang Idul Adha – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Harga Sembako Stabil Jelang Idul Adha

Sahbuddin, S.Sos
Kabid Disperindag Konawe.

KENDARIPOS.CO.ID — Dua pekan jelang Idul Adha, harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional Kabupaten Konawe, masih terbilang stabil. “Berdasarkan hasil survei tim kami beberapa hari lalu, harga kebutuhan pokok seperti gula pasir, minyak goreng, tomat, wortel, ubi, tepung, mentega, kacang-kacanga, dan bumbu dapur, masih stabil,” ungkap Kabid Perdagangan Dalam Negeri dan Perlindungan Konsumen Disperindag Konawe, Sahbuddin, S.Sos.

Dari 21 item bahan pokok di pasaran, hanya beras yang mengalami kenaikan 6,3 persen, yakni beras Konawe, Ciliwung, dan beras 33 naik dari Rp 7500 menjadi Rp 8000, dan juga beras ketan putih dari Rp 8000 menjadi Rp 10 ribu. “Selain itu, harga semua komoditi masih tetap, bahkan ada yang menurun. Beras naik Rp 500, karena sudah tiga bulan cuaca tidak menentu dan mempengaruhi hasil panen petani kita,” ujarnya.

Sahbuddin merinci harga pasar saat ini, seperti daging ayam broiler turun dari Rp 65 ribu jadi Rp 60 ribu, telur ayam ras dari Rp 45 ribu jadi Rp 44 ribu, cabai kriting dan biasa turun dari Rp 40 ribu jadi Rp 35 ribu, kemudian bawang merah dari Rp 40 ribu jadi Rp 35 ribu, dan bawang putih dari Rp 45 ribu jadi Rp 40 ribu, kembang kol dari Rp 15 ribu menjadi Rp 12 ribu, serta buncis dari Rp 18 ribu jadi Rp 15 ribu. Sisanya, semua harga masih stabil,” terangnya.

Meski demikian, harga tersebut masih bisa berfluktuasi, sebab permintaan konsumen diprediksi bakal meningkat mulai pekan depan. Apalagi, bila kondisi cuaca yang masih tak menentu dapat mengurangi stok petani dan pedagang. “Harga sembako sekarang masih stabil, tapi bisa saja berubah karena cuaca, dan jumlah permintaan meningkat, sedangkan stok kemungkinan terbatas,” bebernya.

Untuk itu, ia pun mengimbau kepada masyarakat supaya bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk bertani, sehingga dapat mengantisipasi kebutuhan dapur sendiri. “Jadi, kalau harga tiba-tiba naik, mereka tidak kewalahan, karena mereka menanam sendiri di rumah,” tutupnya. (hel/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top