Hanya Tiga Jam Izin Pelantikan Umar Samiun, Lalu Kembali ke Rutan – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Politik

Hanya Tiga Jam Izin Pelantikan Umar Samiun, Lalu Kembali ke Rutan

Umar Samiun saat berada diruang sidang

KENDARIPOS.CO.ID — Seratusan warga Kabupaten Buton yang memadati ruang sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat langsung mengucap syukur dan menyiratkan wajah bahagia. Mereka girang mendengar keputusan majelis hakim yang mengizinkan Samsu Umar Abdul Samiun alias Umar Samiun, Bupati Buton terpilih untuk sejenak keluar dari tahanan di Rutan Guntur, guna ikut prosesi pelantikannya sebagai Bupati Buton periode 2017-2023 yang akan digelar hari ini di Kementrian Dalam Negeri, pukul 14.00 WIB.

Izin itu dibacakan Rabu (23/8) oleh Ibnu Basuki, Ketua majelis hakim yang selama ini memimpin persidangan perkara suap terhadap mantan Ketua MK, Akil Mochtar yang diduga dilakukan Umar Samiun. “Setelah bermusyawarah dengan empat hakim lainya, serta mempertimbangan peraturan perundang-undangan yang ada maka permohonan izin untuk mengikuti pelantikan kepada terdakwa Umar Samiun kami berikan. Diharapkan izin ini bisa dipergunakan dengan baik,” kata Ibnu, yang langsung disambut syukur warga Buton yang hadir di tempat itu.

Wajar bila mereka sumringah. Sepekan lalu, jaksa penuntut dari KPK sempat membuat deg-degan Umar Samiun dan warga Buton. Jaksa meminta hakim untuk mempertimbangkan baik-baik bila ingin mengizinkan tahanan keluar, apalagi tidak ada sesuatu yang sangat genting. Kini, kekhawatiran permintaan keluar dari tahanan ditolak hakim, ternyata tidak jadi kenyataan.

Selain itu Ibnu juga mengungkapkan bahwa izin yang diberikan kepada Samsu Umar Abdul Samiun mulai berlaku sejak pukul 11.00 WIB hingga akhir acara. “Kita kasih waktu mulai pukul 11.00 WIB. Meski acara pukul 14.00 sesuai undangan pasti hal itu (pelantikan) membutuhkan persiapan jadi kita berikan waktu sebelumnya. Namun ingat izin ini tolong dipergunakan dengan baik, ” kata Basuki.

Terkait dengan mekanisme sendiri, Ibnu menyerahkan sepenuhnya kepada pihak KPK, mulai dari urusan pengawalan dan lainnya. “Prinsipnya sudah ada izin yang kita berikan mulai jam 11.00 hinga akhir acara pelantikan.  Silahkan kuasa hukum dikoordinasikan kepada KPK,” katanya.
Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjend) Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Soni Soemarsono pun membenarkan bahwa pelantikan terhadap Umar Samiun dan La Bakry, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Buton bakal digelar hari ini. Ia memastikan proses pelantikan akan tetap sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Kemendagri. “Sudah ada jadwal.  Undangan kepada esolon I dan II lingkup Kemendagri pun telah diedarkan. Sudah fix tempat juga sudab dipersiapkan. sudah tidak ada lagi masalah,” tuturnya.

Soal siapa yang akan melantik pun,  Soni mengaku pihaknya telah mengeluarkan radio gram kepada Plt Gubernur Sultra, Saleh Lasata untuk melakukan pelantikan. “Sudah kita minta kepada beliau untuk hadir melantik. Kabarnya juga beliau sudah berada disini (Jakarta),” ujarnya.
Karo Pemerintahan Pemprov Sultra, Ali Akbar pun mengaku telah menyebarkan undangan terkait dengan pelantikan. Namun undangan pun tidak semua disebarkan seperti pelantikan biasa. “Karena kepastian izin belum kita dapatkan maka undangan tidak berani kita sebarkan. Selain itu ada pembahasan penting jadi beberapa SKPD termasuk DPRD tidak bisa menghadiri,” pungkasnya.  (yog)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top