Daya Listrik Surplus 1 MW, PLN Bombana : Tidak Ada Lagi Pemadaman Bergilir – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Bombana

Daya Listrik Surplus 1 MW, PLN Bombana : Tidak Ada Lagi Pemadaman Bergilir

KENDARIPOS.CO.ID — Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Bombana kini tak punya alasan lagi untuk memadamkan aliran penerangan di wilayah tersebut. Sebab selain mesin-mesin yang dioperasikan sudah stabil, PLN Bombana juga mendapat tambahan mesin diesel pembangkit dari daerah lain.

“Saat ini tidak ada lagi pemadaman listrik bergilir seperti yang pernah dialami sebelumnya. Saat ini devisit sudah nol. Bahkan kami mengalami surplus daya sekitar 1 megawatt (MW),” klaim Suyatno, Manajer PLN Rayon Bombana, rabu(23/8).

Meski demikian, jika terjadi pemadaman, Suyatno memastikan hal tersebut bukan karena kekurangan daya listrik, melainkan adanya pemeliharaan dan gangguan alam. Dia mencontohkan, tumbangnya pohon atau ranting hingga merusak kabel distribusi menjadi penyebab terbesar gangguan listrik. Kisarannya sekitar 80 persen.

Suyatno mengaku, untuk masalah alam ini, ia sudah melakukan pemetaan. Daerah yang paling dominan mengalami gangguan tersebut berpotensi terjadi mulai dari Poleang Utara, Poleang, Poleang Barat dan Poleang Tenggara. “Pohon tumbang atau ranting pohon yang jatuh, umumnya terjadi di wilayah pesisir. Di sini banyak daun kelapa yang jatuh dan menimpa jaringan,” katanya.

Sementara sekitar 20 persen sisanya disebabkan oleh peralatan dan gangguan hewan liar mulai dari mesin pembangkit rusak, serta binatang liar seperti ular dan kuskus yang berada di atas jaringan. “Jika ini terjadi, pasti ada pemadaman tiba-tiba,” sambungnya. Untuk mencegah tak terjadinya pemadaman yang diakibatkan gangguan alam, Suyatno mengaku sudah berupaya mengantisipas. Salah satunya melakukan pemeliharaan jaringan dengan memangkas pohon milik warga yang berpotensi menyentuh atau menempel terutama pada kabel udara tanpa selubung. Dia juga mengimbau warga Bombana untuk tidak menanam pohon di dekat jaringan listrik. (c/nur)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top