Cakades di Konkep Harus Bisa Mengaji ! – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Kepulauan

Cakades di Konkep Harus Bisa Mengaji !

KENDARIPOS.CO.ID — Salah satu syarat untuk menjadi kepala desa (Kades) di Konawe Kepulauan (Konkep) adalah mampu membaca Alquran. Kemampuan mengaji para calon kepala desa (Cakades) yang akan bertarung pada pemilihan serentak 10 Okteber mendatang, mulai diuji. Tercatat ada 79 Cakades yang tersebar pada empat kecamatan sudah menjalani tes tersebut. Ada 16 kontestan dari Kecamatan Wawonii Timur, 21 dari Wawonii Tenggara, 15 Wawonii Selatan dan 27 asal Wawonii Timur Laut. Sementara tiga kecamatan lainnya juga sudah dilakukan hingga Kamis (24/8).

Dari empat kecamatan itu, ada tiga Cakades yang terancam gagal. Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) mengetahui kandidat tersebut tak mampu membaca Alquran saat tes berlangsung. “Ini bukan hak kami untuk menentukan ada Cakades tidak mampu membaca Alquran untuk diloloskan. Tetapi ini kewenangan wilayahnya PPKAD,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konkep, Jamhur Umirlan, rabu(23/8).

Namun, ketika PPKAD meloloskan Cakades yang tak mampu membaca Alquran, berarti telah melanggar persyaratan pencalonan. Sebab semua sudah tertuang dalam peraturan bupati (Perbup) nomor 5 tahun 2017 tentang pengadaan dan pemberhentian kepala desa. “PPKAD harus bertanggung jawab ketika meloloskan Cakades yang tak mampu baca Alquran,” tegasnya. Untuk diketahui, Pilkades serentak akan berlangsung Oktober mendatang dengan alokasi anggaran mencapai Rp 570 juta. Ada 62 desa yang akan memilih pemimpin di wilayahnya. (b/san)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top