UHO Akan Buka Prodi Profesi Apoteker – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

UHO Akan Buka Prodi Profesi Apoteker

Fakultas Farmasi for Kendari Pos
Dekan Farmasi, Dr. Ruslin (keenam dari kanan depan), bersama peserta pelatihan pembuatan soal UKAI tanggal 19-20 Agustus 2017

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga Apoteker di Sulawesi Tenggara (Sultra) khususnya dan Indonesia pada umumnya, Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo (UHO), telah mempersiapkan pembukaan Program Studi (Prodi) Profesi Apoteker (PSPA) tersebut. Sebagai rangkaian kegiatan akademik Dies Natalis UHO yang ke 36, fakultas yang dipimpin Dr. Ruslin ini, melakukan pelatihan pembuatan soal Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) tanggal 19 – 20 Agustus 2017.

Pelatihan ini, menghadirkan dua narasumber, yaitu Dr. Budi Suprapti, M.Si.,Apt. (Universitas Airlangga Surabaya) dan Dr. Teuku Nanda Syaifullah Suleman, MSc., Apt. (Universitas Gadjah Mada). Keduanya merupakan Tim UKAI Nasional.

Ketua Panitia, Suryani, S.Farm, M.Sc., Apt., mengungkapkan bahwa pelatihan pembuatan soal UKAI sebagai tuntutan standarisasi kompetensi tenaga kefarmasian. Kegiatan ini juga bermaksud menguji penguasaan pengetahuan dan keterampilan calon lulusan apoteker dalam rangka memperoleh sertifikat kompetensi sebagai dasar untuk melakukan praktik kefarmasian dan mendorong “life-long learning”.

Adapun materi pelatihan uji kompetensi, mengacu pada Standar Kompetensi Apoteker Indonesia berdasarkan Cetak Biru (Blueprint) Uji Kompetensi Apoteker Nasional. UHO sebagai penyelenggara pendidikan, khususnya Fakultas Farmasi harus menyiapkan kurikulum mulai dari jenjang S1 sampai pada jenjang profesi apoteker secara terintegrasi dengan mengacu pada Standar Kompetensi Apoteker Indonesia.

“Kegiatan ini diikuti oleh dosen dalam lingkup Farmasi UHO, dosen Farmasi Mandala Waluya, dosen Farmasi UIN Makassar, perwakilan Ikatan Apoteker Indonesia wilayah Sultra, Praktisi Farmasi Rumah Sakit Bahteramas, Perwakilan BPOM, Perwakilan PBF Kota Kendari, perwakilan Dinas Kesahatan Kota Kendari dan Pengelola Apotek. Pentingnya praktisi mengikuti kegiatan ini agar nantinya ikut berkontribusi pada penyusunan soal-soal UKAI secara nasional. Output dari Pelatihan ini adalah dihasilkannya soal-soal ujian kompetensi yang bermutu sesuai standar Nasional,” terang Suryani yang juga Wakil Dekan Bidang Akademik Farmasi.

Sementara itu, Dekan Farmasi, Dr. Ruslin menyampaikan pimpinan UHO sangat mendukung terbukanya PSPA dengan memfasilitasi terlaksananya beberapa kegiatan dan infrastruktur yang dipersyaratkan, seperti workshop kurikulum PSPA, melakukan penandatanganan kerja sama dengan beberapa instansi terkait di dalam maupun di luar Bumi Anoa, visitasi oleh tim pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan tim dari Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI), pendirian Apotek Pendidikan UHO, dan dokumen pendukung lainnya yang dibutuhkan.

“Dalam waktu dekat, Fakultas Farmasi akan melaksanakan pelatihan preseptor sebagai salah satu sarat pendirian PSPA. Insyaa Allah Prodi Profesi Apoteker ini segera dibuka di UHO sehingga mampu menjembatani kebutuhan tenaga apoteker di Sultra,” pungkas alumni Program Doktor Institut Teknologi Bandung itu. (lia)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top