KONI Konsel Helat Gala Desa Pada Bulan September – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Olahraga

KONI Konsel Helat Gala Desa Pada Bulan September

KENDARIPOS.CO.ID — Komitmen Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Konsel membangun sektor keolahragaan di daerah ini terus digalakkan. Pasca dikukuhkan, Pengurus KONI langsung bergerak cepat. Induk olahraga Konsel ini kembali mengagendakan pelaksanaan program unggulan Kemenpora yakni Gala Desa. “Bulan depan kita akan menggelar turnamen Gala Desa yang akan diikuti oleh semua desa se Kabupaten Konsel,” kata Ketua KONI Konsel Dr. Arsalim Arifin saat ditemui di rumah Jabatannya selasa(22/8).

Wakil Bupati Konsel ini mengungkapkan, kegiatan Gala desa tersebut merupakan program kerja sama antara Kementerian Desa (Kemendes) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). “Kita akan mulai mensinergikan program pusat dan daerah. Ini adalah upaya untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Tentunya, dalam meningkatkan kualitas manusia harus didukung dengan kesehatan. Salah satunya dengan berolahraga,” ungkapnya.

Lebih jauh mantan Kepala Bappeda Konsel itu menjelaskan, jika nanti Gala Desa digalakan maka masyarakat akan sehat. Serta, pembangunan di Desa akan bagus dan program Pemda melalui Desa Maju Konsel Hebat akan akan segera terwujud.

“Sekarang ini sudah mulai bergulir, dimana dalam rangka memperingati HUT RI ke 72 tahun seluruh kecamatan se Konsel kita dorong untuk menggelar kompetisi olahraga, salah satunya adalah sepak bola,” kata Arsalim. Disamping itu, tambah Ketua DPC Partai Gerindra Konsel ini, kegiatan Gala Desa merupakan ajang untuk mencari bibit olahraga yang akan dipersiapkan mewakili daerah di kanca Pekan Olahraga Tingkat Provinsi ( Porprov) pada tahun 2018 di Kolaka Utara.

“Olehnya mulai saat ini kita sudah akan mempersiapkan semuanya. Supaya kita bisa merebut kembali prestasi juara Umum Porprov yang pernah diraih pada tahun 2011 silam,” tambahnya. Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Konsel, Drs I Putu Darta, MT menambahkan, salah satu tujuan program Gala Desa ini adalah untuk meningkatkan integritas olahraga di masing-masing desa, serta akan menambah daya dorong pertumbuhan ekonomi desa.

“Jika ada kompetisi di desa, ekonomi masyarakat akan meningkat. Contohnya, masyarakat bisa langsung menjual hasil-hasil pertaniannya di desanya tidak perlu lagi ke kota. Kemudian rasa integritas masyarakat akan semakin tumbuh khususnya dalam pembinaan prestasi olahraga di desa” ujarnya.

Dikatakannya, program Gala Desa ini juga merupakan sinergitas antara Menpora bersama Kementerian desa dalam merangsang bakat dibidang olahraga terhadap masing-masing desa. “Dimana kegiatan ini juga sangat sinergi dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) masyarakat,” kata pria yang juga adalah wakil sekretaris Umum KONI Konsel.

Adapun terkait anggaran pelaksanannya Gala Desa tersebut lanjut dia itu akan didanai oleh keuangan desa itu sendiri. “Untuk hari pasti pelaksanaannya belum ditentukan kita masih sementara kordinasikan dengan seluruh desa. Yang jelas September 2017 sudah harus terlaksana,” tutupnya. (b/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top