Kemenag Kota Kendari : Jangan Percaya Umrah Murah – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Kemenag Kota Kendari : Jangan Percaya Umrah Murah

KENDARIPOS.CO.ID — Kasus dugaan penipuan oleh biro perjalanan haji dan umrah, First Travel di Jakarta yang menyita perhatian publik tampaknya memicu kekhawatiran sejumlah pihak, tidak terkecuali di Metro ini. Modus penipuan dengan menawarkan promo ibadah umrah murah sekira Rp 14 juta mampu menyedot calon jamaah melalui agen-agen. Nah, agar tidak terjebak aksi tipu-tipu, warga Kota Kendari diminta jangan lekas percaya biaya umrah murah.

Menyikapi itu, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari meminta masyarakat yang hendak mendaftar haji ataupun umrah untuk selektif memilih jasa travel. Setidaknya, yang perlu ditinjau adalah nominal harga yang harus ditawarkan. Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Kendari, Sunardin mengatakan sesuai ketentuan yang dikeluarkan Kemenag RI, biaya minimum perjalanan umrah berkisar Rp 18 juta sampai Rp 21 juta. Jika ada travel yang menawarkan di bawah angka itu, maka patut dipertanyakan.

“Kalau ada yang tawarkan biaya umrah di bawah Rp 16 juta, itu sudah sangat riskan. Logikanya saja, biaya pesawat itu sudah sampai Rp 12 juta pergi pulang (PP). Nah, kebutuhan disana mulai hotel, konsumsi dan transportasi selama 10 hari tentu harus dibayar. Jadi masyarakat harus merasionalkan harga-harga perjalanan umrah yang ditawarkan,” ujar Sunardin, Selasa (22/8).

Untuk di Kota Kendari sendiri kata Sunardin, terdapat 21 travel yang menyediakan jasa layanan haji dan umrah. Keseluruhannya belum ada yang melanggar prosedur. Namun pihaknya tetap melakukan pengawasan. “Alhamdulillah di sini tidak ada korban First Travel, begitu pun travel nakal. Tidak ada. Tetapi pengawasan tetap kami lakukan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sunardin mengimbau masyarakat agar dalam melakukan pendaftaran umrah, sekiranya memilih travel yang dapat memberi kepastian dalam segala hal. Hal itu sangat penting untuk memberikan kejelasan kepada masyarakat terkait jasa yang ditawarkan. “Misalnya, kapan berangkat dan di sana mondok di mana. Harus dipastikan sebelumnya. Kalau saya pribadi menyarankan pilihlah travel yang menawarkan harga rasional. Biaya ideal umrah itu sekira Rp 25 juta,” pungkasnya. (m1/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top