Lantik Dua Bupati, Plt Gubernur Sultra : Harus Kompak, Jangan Bupati ke Kanan Wakilnya ke Kiri – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
HEADLINE NEWS

Lantik Dua Bupati, Plt Gubernur Sultra : Harus Kompak, Jangan Bupati ke Kanan Wakilnya ke Kiri

Suasana pelantikan di Aula Bahteramas

KENDARIPOS.CO.ID — Kolaka Utara (Kolut) dan Bombana kini punya bupati baru. Ada harapan baru mengiringi pelantikan H.Tafdil-Johan Salim sebagai bupati dan wakil bupati Bombana serta Nur Rahman Umar-H.Abbas selaku bupati dan wakil bupati Kolut yang digelar di Aula Bahteramas Sultra, Selasa (22/8). Harapan agar daerah makin maju dan kehidupan masyarakat lebih sejahtera. Minimal, janji politik yang disampaikan saat kampanye Pilkada secepatnya direalisasikan.

Plt. Gubernur Sultra, HM Saleh Lasata saat mengambil sumpah kedua pasangan bupati dan wakilnya berpesan agar selalu menjaga kekompakan selama memimpin daerah. Menurutnya, sulit membangun dan menciptakan kesejahteraan bagi kehidupan masyarakat kalau pemimpinnya tak sejalan. “Jangan sampai bupati ke kanan, wakilnya ke kiri. Ini bisa jadi masalah. Harus sadar mana tugas bupati dan mana domain wakil. Ingat, masyarakat sangat berharap besar, hidupnya bisa lebih baik dengan memilih Anda sebagai bupatinya,” pesan Saleh Lasata, kemarin.

Dia menambahkan, bupati harus mengedepankan koordinasi. Jangan menjadi pemimpin otoriter atau pemimpin yang masa bodoh. “Jangan juga pura-pura demokratis, minta pendapat ternyata sudah ada keputusan, ini juga masalah,” katanya. Apa yang dijanjikan kepada masyarakat menyampaikan saat visi dan misi meminta dukungan harus menjadi rambu-rambu pembuatan kebijakan ke depan. Kebutuhan masyarakat saat ini semakin dinamis, pemerintah harus mencermati hal itu. “Jadi pemimpin itu harus peka dengan kebutuhan masyarakat dan harus tahu mana yang prioritas,” jelasnya.

Lebih lanjut mantan Bupati Muna itu mengingatkan, agar memperhatikan serapan anggaran. Sebab, regulasi tentang pengelolaan anggaran saat ini semakin ketat. Sebut saja jika tak mencapai target yang ditentukan maka akan diganjar hukuman berupa pemotongan anggaran. “Untuk mengindari itu, kepala daerah harus memastikan ini sudah dilakukan oleh pembantu-pembatu di bawahnya yaitu SKPD,” ungkapnya.

Sementara itu, suasana di luar gedung tak henti-hentinya bergemuruh karena riuh tepuk tangan simpatisan yang tak bisa masuk dalam gedung. Antusias mereka tak redup walau hanya menyaksikan prosesi pelantikan itu dari layar televisi yang disiapkan panitia. Mereka bersorak keras saat masing-masing jagoannya dipasangkan tanda jabatan dipundaknya oleh Saleh Lasata. Tak hanya penuh sesak dengan pendukung calon, tetapi juga dipadati dengan karangan bunga ucapan selama kepada kedua kepala daerah. Ada yang dari instansi, perusahaan maupun personal kerabat bupati dan wakilnya.

Pelantikan digelar sekira 09.30 WITA. Kedua pasangan kepala daerah pemenang Pilkada serentak itu tak henti melempar senyum kepada semua orang yang ada di Aula Bahteramas kantor gubernur Sultra. Aura lega pasca pertarungan panjang terpancar dari wajah mereka.
Tafdil-Johan dan Nur Rahman-Abbas sudah tiba di lokasi pelantikan sekira 30 menit sebelum acara dimulai. Area itu sudah dijaga ketat oleh personil keamanan. Tak ada yang boleh masuk ke gedung tanpa memperlihatkan undangan resmi dari panitia. Acara dimulai pukul 8.30 Wita dan berlangsung selama kurang lebih 2 jam.

Sebelum pengambilan sumpah, Kepala Bagian Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Setprov Sultra, Tomi Indra membacakan Surat Keputusan Mendagri terkait pemenang Pilkada di dua daerah itu. Pelantikan Nur Rahman-Abbas sesuai Surat Keputusan (SK) Mendagri nomor 131.74-3064 dan 132.74-3065. Sementara untuk Tafdil-Johan Salim berdasarkan SK Mendagri nomor 131.74-5642 dan 132.74-5643. (b/ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top