Telat Bayar Iuran, Air Bagi Masyarakat Miskin Muna Diputus – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Muna

Telat Bayar Iuran, Air Bagi Masyarakat Miskin Muna Diputus

MUHAMMAD ERY/KENDARI POS
Warga pelanggan air bersih dan staf penagihan yang melakukan pemutusan distribusi sepihak saat bersitegang di kantor lurah, senin(21/8).

KENDARIPOS.CO.ID — Petugas penagihan air bersih dituding melakukan pemutusan aliran pada warga Kelurahan Laende, Kecamatan Katobu. Padahal menurut Yutni, salah seorang warga korban pemutusan aliran air tersebut, fasilitas penampungan kebutuhan hidup itu dibangun melalui program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) bagi masyarakat miskin. Ia juga mengklaim tak pernah terlambat membayar iuran yang kini dikelola perusahaan daerah air minum tersebut.

Di hadapan Lurah Laende, Umaruddin, Yutni dan Ujang (petugas penagihan) sempat beradu mulut. Ujang yang juga merupakan staf Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) tak bisa mengontrol emosi, bahkan sempat melontarkan kalimat yang memicu keributan. Keadaan dapat dikendalikan setelah pihak keamanan berusaha meredakan situasi.

Yutni menjelaskan, ketika penagihan dilakukan Minggu (20/8), ia tak berada di rumah. Namun, petugas penagihan bersikukuh mengembalikan uangnya sebesar Rp 30 ribu itu. “Kita bayar juga, tidak ada meteran. Iurannya dikarang-karang. Kemarin saya tidak ada di rumah. Tiba-tiba saya bayar, dia kasih pulang uangku dan marah-marah. Ini air bukan miliknya. Ini untuk masyarakat miskin. Dia pikir kita tidak ada yang sekolah, semena-mena saja kami diperlakukan. Dia (Ujang) yang ngotot memutuskan aliran air di rumah saya. Baru menagih dia suruh anak-anak,” ungkap Yutni, Senin (21/8).

Sementara itu, Lurah Laende, Umarudin memilih untuk mempertemukan mereka pada kesempatan berikut. Ia meminta warganya tetap bersabar. “Saya juga akan ketemu direktur PDAM agar masalah ini selesai. Jika ada warga yang bermasalah, saya bertanggung jawab. Sekali lagi bersabar dulu,” pintanya. (c/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top