Pemkab Konut Gagas Pulau Meong Jadi KAT – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Konawe Utara

Pemkab Konut Gagas Pulau Meong Jadi KAT

HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
Pemukiman warga di Pulau Meong, Kecamatan Lasolo Kepulauan yang digagas pemerintah menjadi kawasan bagi komunitas adat terpencil.

KENDARIPOS.CO.ID — Letak Pulau Meong di tengah perairan Teluk Lasolo membuat pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) memilik rencana bagi distrik terisolir itu. Pulau di Kecamatan Lasolo tersebut digagas menjadi lokasi komunitas adat terpencil (KAT).

“Wilayah itu sudah diusulkan ke pemerintah pusat melalui Kementerian Desa untuk dijadikan lokasi KAT. Bukan hanya menata lingkungan dan rumahnya, kami juga mencari solusi bagaimana warga bisa mendapat pendidikan dan fasilitas kesehatan yang layak,” ujar Bupati Konut, Ruksamin, Senin (21/8).

Konut-1 itu menjelaskan tak hanya wilayah Pulau Meong yang akan dijadikan lokasi KAT. Beberapa wilayah di sekitar kawasan juga akan tergabung di dalamnya. “Memang ini agak sulit, tetapi menjadi tantangan bagi kami. Sebelumnya manusia perahu juga pernah ada seperti di Desa Mowundo maupun Morombo. Sekarang sudah bisa sekolah, bahkan ada anak-anak mereka yang kuliah di kedokteran. Ini juga perlahan-lahan kita angkat,” ujar Ketua DPW PBB Sultra tersebut.

Usulan Pulau Meong dijadikan wilayah KAT telah dimasukkan tahun ini. Pemkab Konut hingga kini masih menunggu respon dari pemerintah pusat. Sebab untuk menjadikan lokasi KAT melalui alokasi anggaran pendapatan dan belanja daerah dianggap sangat sulit. “Kan ada anggaran khusus di Kementerian Desa dan Kementerian PU,” ujarnya.

Ruksamin menjelaskan, Pulau Meong dulunya hanya dijadikan sebagai lokasi persinggahan. Namun seiring berjalannya waktu, pulau itu kini sudah dijadikan sebagai area pemukiman etnis Bajo. “Kami belum pastikan berapa jumlah kepala keluarga di wilayah itu. Tapi kalau melihat rumah, sudah ada 20 lebih. Sebenarnya bukan hanya Pulau Meong di situ, tapi ada juga Desa Tapunopaka. Makanya ini yang membuat kami akan melakukan penataan,” tanda mantan Ketua DPRD Konut itu. (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top