Pemkab Konsel Seminarkan Konsep Kawasan Peternakan – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Konawe Selatan

Pemkab Konsel Seminarkan Konsep Kawasan Peternakan

KENDARIPOS.CO.ID — Seminar akhir penyusunan blue print (cetak biru) peternakan sapi digelar pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) dengan melibatkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Halu Oleo, Senin (21/8).

Dalam kegiatan tersebut dibahas penentuan pengembangan padang pengembalaan sapi (ranch) di kabupaten itu. Sebelumnya Pemkab telah menunjuk Desa Lelekaa dan Anduna sebagai salah satu sentra pembibitan sapi bali. Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga mengungkapkan, sesuai penelitian dari pihak lembaga Fakultas Peternakan UHO, kedua wilayah tersebut sudah sangat layak untuk dijadikan padang pengembalaan.

“Berdasarkan hasil seminar akhir, dua desa ini dianggap layak. Saya sangat apresiasi kajian ilmiah ini. Kami mendukung pengembangan program dari Kementerian Pertanian. Apalagi payung hukumnya sudah kami siapkan dengan mengeluarkan peraturan bupati untuk mengawal program ini,” jelas suami Hj. Nurlin Surunuddin tersebut.

Ia juga telah mengintruksikan agar badan usaha milik desa dimaksimalkan. Kepala BPTU Bali mewakili Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ir. Jack Pujianto mengatakan, secara nasional target pemerintah pada 2025 mendatang Indonesia sudah swasembada daging dan pada tahun 2045 menjadi lumbung pangan dunia.

“Sehingga upaya ini harus ditindaklanjuti, termasuk di Konawe Selatan,” katanya. Sementara itu, Dekan Fakultas Peternakan UHO, Prof. Dr. Ir. Takdir Saili, yang mewakili LPPM UHO dalam bertugas melakukan kajian ilmiah kerangka kerja terperinci terkait lokasi pengembalaan sapi.

“Untuk masalah pembibitan sapi bali dan pengembangannya harus melibatkan masyarakat secara langsung. Karena indikatornya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta perlu pendampingan,” pintanya. (c/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top