Pemkab Kolaka Beri Ganti Rugi Petani Yang Gagal Panen – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kolaka

Pemkab Kolaka Beri Ganti Rugi Petani Yang Gagal Panen

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Anomali cuaca yang terjadi akhir-akhir ini dikhawatirkan dapat berdampak pada produktivitas pertanian, khususnya padi. Untuk mengantisipasi kerugian besar yang dialami petani jika nantinya gagal panen, maka pemerintah kabupaten (Pemkab) Kolaka melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura akan memberikan kompensasi ganti rugi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kolaka, La Ramuli menjelaskan, petani diberikan ganti rugi jika mereka telah mengikuti asuransi pertanian. Untuk bergabung, petani hanya wajib membayar Rp 35 ribu setiap tahun. “Jadi Rp 35 ribu per tahun itu untuk setiap hektare lahan yang dimiliki petani. Jika sudah bergabung asuransi pertanian lalu terjadi gagal panen, maka petani tersebut akan memperoleh ganti rugi,” jelasnya, Senin (21/8).

Mantan Kepala BP4K Kolaka tersebut menambahkan, iuran program asuransi Kementerian Pertanian tersebut terbilang rendah. Sebab sisa angsuran asuransi dibayar melalui subsidi oleh pemerintah pusat. Meskipun program asuransi tersebut cukup baik, namun Ramuli mengakui petani yang mengikuti program tersebut masih minim.

Dari 12 ribu hektar lahan milik petani yang ada di Bumi Mekongga, baru sekitar198,82 hektare lahan yang sudah diasuransikan. “Salah satu penyebab para petani belum mendaftarkan diri dalam asuransi ini karena mereka kurang memahami mekanismenya. Itu terjadi karena program ini kurang disosialisasikan,” bebernya. (c/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top