Januari-Agustus, Sultra Diguncang 141 Kali Gempa – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Januari-Agustus, Sultra Diguncang 141 Kali Gempa

KENDARIPOS.CO.ID — Wilayah Sultra yang berada dibeberapa lempeng dan patahan sesar aktif. Kondisi itu menjadi potensi terjadinya pergeseran yang mengakibatkan gempa tektonik. Berdasarkan record (rekaman) Stasiun Geofisika Kendari, tercatat 141 kali kejadian gempa selama kurun waktu Januari-Agustus 2017.

Di Sultra, terdapat beberapa daerah yang dianggap rawan gempa. Pasalnya, daerah ini terletak didaerah patahan sesar seperti Lasolo, Kolaka Utara (Kolut), Lainea, Moramo, Kolaka, Bau-bau dan beberapa daerah lain. Tak heran jika intensitas gempa yang terekam cukup banyak. Hanya saja, dampak yang diakibatkan tergantung dari struktur tanahnya. Bila struktur tanahnya padat, maka efeknya tidak terlalu besar. “Makanya, yang dirasakan masyarakat hanya beberapa kali, karena pergeserannya kecil,” ujar Rosa Amelia, Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Senin (21/8).

Kata dia, Baubau dan perbatasan Sulawesi Tengah (Sulteng) sering terjadi gempa. Karena di pulau Kesultanan Buton itu terdapat sesar yang berhubung dengan patahan besar di Laut Banda. Termasuk juga disekitar Konawe Utara (Konut) seperti Onewete, ada patahan yang cukup besar yakni sesar Palu Koro sehingga masyarakat Kolaka Utara (Kolut) sering merasakan gempa juga. Namun, hanya gempa berkekuatan diatas 5 skala ritcher yang bisa dirasakan betul oleh masyarakat. Dibawah itu biasanya hanya pergeseran jalan atau keretakan gedung.

Meskipun Sultra rawan gempa lanjut wanita berhijab ini, masyarakat tidak perlu terlalu panik. Menurutnya, masyarakat perlu tahu cara menghadapi dan meminimalisasi kerusakan saat terjadi gempa. Jika terjadi gempa, masyarakat harus keluar rumah dan pergi ke tanah yang tak ada bangunannya. Agar tidak tertimpa bangunan yang runtuh. “Kalau masyarakat sudah paham ini, Insya Allah korban jiwa maupun kerusakan tidak akan parah,” pungkasnya. Untuk diketahui, jumlah kejadian gempa hingga pertengahan 2017 ini terbilang sedikit jika dibanding tahun-tahun sebelumnya. Misalnya pada 2015 lalu, Sultra diguncang lebih dari 500 kali gempa. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top