IMA dan BI Sinergi Dukung Ekonomi Sultra – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Ekonomi & Bisnis

IMA dan BI Sinergi Dukung Ekonomi Sultra

Presiden IMA chapter Kendari, Muh Alif Annu Rahim (ketiga dari kiri) beserta jajaran dan Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin (ketiga dari kanan) silaturahmi ke BI Perwakilan Sultra, kemarin (21/8). Mereka disambut Kepala BI Perwakilan Sultra, Minot Purwahono (tengah). Usai berbincang sempatkan foto bersama.

KENDARIPOS.CO.ID — Jajaran Indonesia Marketing Association (IMA) chapter Kendari yang dipimpin Muh Alif Annu Rahim bertandang ke Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sultra, Senin (21/8). Kunjungan pengurus IMA yang didampingi Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengajak BI untuk berkolaborasi dan sinergi meningkatkan pertumbuhan ekonomi Sultra. Salah satu caranya dengan mengembangkan potensi pariwisata dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Program kami adalah mendukung pemerintah dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Mewujudkan hal itu, tentu kami tidak bisa bekerja sendiri, perlu menggandeng pihak perbankan,” ungkap Muh Alif Annu Rahim, Presiden IMA chapter Kendari saat berbincang dengan Kepala BI Perwakilan Sultra, Minot Purwahono, Senin (21/8).

Alif menjelaskan, potensi pariwisata dan UMKM Sultra sebenarnya cukup besar. Hanya saja, belum dikelola dan dimanfaatkan dengan baik. Makanya, hadirnya IMA diharapkan bisa menjadi jawaban, minimal ikut berperan dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah. “Fokus program IMA adalah pengembangan sektor pariwisata dan UMKM. Kami menyadari, program ini tak akan maksimal tanpa peran serta pihak lain, khususnya perbankan. Dengan cara ini, kita bisa sinergi untuk memajukan perekonomian Sultra,” katanya.

Meski baru terbentuk Februari lalu, IMA chapter Kendari sudah punya beberapa terobosan penting. Salah satunya akan bekerjasama dengan seluruh pemerintah kabupaten/kota di Sultra untuk bersama-sama meningkatkan dua sektor tersebut. Paling tidak, lanjut Alif akan dibuat sebuah forum bisnis yang anggotanya para pelaku UMKM. Di dalamnya juga akan ada pihak perbankan untuk memberikan penguatan. “Itulah salah satu alasan, sehingga kami datang untuk melakukan sharing dengan BI Perwakilan Sultra terkait rencana tersebut. Tujuannya, supaya ada pemerataan UMKM,” terangnya.

Kepala BI Perwakilan Sultra, Minot Purwahono merespon positif program IMA tersebut. Menurutnya, pariwisata dan UMKM Sultra sangat potensial kalau dimanfaatkan dengan baik. Dia yakin kalau dua potensi tersebut dikelola maksimal, maka bisa mengalahkan potensi pertambangan di daerah ini. “Pemerintah mesti membuka mata dengan potensi pariwisata dan UMKM yang kita miliki ini. Apalagi dua potensi sudah ada dan tersedia tinggal dikelola dengan baik saja. Ibarat buah itu sudah matang dan tinggal diperiksa saja,” paparnya.

Minot menambahkan, pariwisata dan UMKM sangat besar pengaruhnya dalam pertumbuhan ekonomi Sultra. Makanya, pihaknya sangat menyambut baik rencana IMA chapter Kendari mengembangkan dua potensi tersebut. “Kami selalu siap bila dibutuhkan untuk membantu program kerja IMA. Kami juga berharap pemerintah bisa ikut perperan. Karena saya yakin kalau pemerintah daerah ikut berperan aktif, maka dua program IMA yang sangat baik ini bisa terlaksana maksimal,” terangnya.

Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin ikut mendorong sinergi semua elemen untuk mengembangkan sektor pariwisata dan UMKM. Menurutnya, kalau IMA dan BI sinergi, termasuk dukungan pemerintah daerah, maka pertumbuhan ekonomi Sultra bisa lebih baik lagi. “Kami siap mengawal program kerja IMA agar dapat terlaksana dengan baik, tentunya dengan cara kerja media,” ujarnya. Irwan juga menyarankan agar dibentuk forum grup discussion (FGD) untuk membicarakan cara pengelolaan UMKM yang baik. “Sultra banyak memiliki sumber daya alam yang tidak dimiliki daerah lain. Hal itu yang membuat UMKM Sultra akan unggul dibanding UMKM daerah lain,” imbuhnya. (b/kmr)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top