Harga Sapi Kurban di Kolut Naik Hingga Rp 1,5 Juta – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kolaka Utara

Harga Sapi Kurban di Kolut Naik Hingga Rp 1,5 Juta

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Kebutuhan daging sapi menyambut Idul Adha dipastikan meningkat dibanding hari-hari biasa. Banderol hewan ternak untuk kurban melonjak.

KENDARIPOS.CO.ID — Stok hewan kurban di Kolaka Utara (Kolut) jelang Idul Adha dipastikan mencukupi. Meski demikian, harga ternak tersebut sudah mulai mengalami kenaikan signifikan, seiring jumlah permintaan yang terus bertambah. Arif, pedagang sapi UD Lestari di Dusun V Desa Batu Ganda, Kecamatan Lasusua yang ditemui di kawasan penampungan ternaknya mengaku, saat ini ia sudah memiliki stok 20 ekor sapi dan 20 ekor lainnya dalam perjalanan dari Kecamatan Watubangga, Kolaka.

“Sebagian sudah ada yang pesan, tinggal diambil saja,” katanya, Senin (21/8). Arif merinci, harga sapi seberat 180 kilogram mencapai Rp 7 juta hingga Rp 7,5 juta. Untuk berat 200 kilogram dibanderol Rp 10 juta. “Kalau yang seharga Rp 16 juta berkisar seberat 300 kilogram. Harganya juga mulai mengalami perubahan dari hari-hari biasanya. Kenaikan mencapai Rp 500 ribu sampai Rp 1,5 juta dibandingkan pada hari normal. Mulai naik sejak awal Juli termasuk biaya pengirimannya,” jelasnya.

Meski demikian, dibanding dua tahun sebelumnya, permintaan hewan kurban di Kolut sedikit mengalami penurunan. Pada 2015 lalu misalnya, ia dapat menjual hingga 100 ekor lebih. Namun pada tahun 2016 hanya pada kisaran jumlah 70 ekor. Ia memprediksi, angka tersebut akan sama saja pada tahun ini.

“Jika persediaan habis menjelang Idul Adha, kami akan menambah pasokan dari luar daerah. Sapi-sapi dari luar ini sebelumnya harus dikarantina,” tandasnya. (c/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top