315 Penyuluh KB di Sultra Disertifikasi – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

315 Penyuluh KB di Sultra Disertifikasi

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah diserahkan ke pusat beberapa waktu lalu, 315 penyuluh Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang bertugas di Sultra kini disertifikasi. Itu dilakukan dalam rangka mendorong profesionalisme sekaligus juga mengukur kemampuan atau kompetensi setiap penyuluh KKBPK.

Kepala BKKBN Perwakilan Sultra Ali Ismail mengatakan sertifikasi itu wajib diikuti seluruh penyuluh. Itu berdasarkan Perka BKKBN Nomor 5 tahun 2017 tentang penyelenggaraan sertifikasi penyuluh KKBPK. “Ini adalah proses penilaian dan penetapan atas jenis dan tingkat kompetensi yang dikuasai oleh Penyuluh KKBPK berdasarkan hasil uji kompetensi dengan mengacu kepada standar kompetensi,” ujar Ali Ismail, kepada Kendari Pos.

Ujian sertifikasi itu akan digelar empat tahap dan di jadwalkan hingga September. Setiap penyuluh yang sudah mengantongi sertifikasi dianggap sudah memiliki SDM yang memadai untuk bertugas di lapangan memberikan pelayanan pada masyarakat. Masih kata Ali Ismail standar kompetensi yang dimaksud yakni mengacu kepada Peraturan Kepala BKKBN Nomor 2 tahun2017 tentang standar kompetensi penyuluh keluarga berencana. Di dalam peraturan itu sangat jelas menyebutkan bahwa kompetensi penyuluh terdiri atas kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural.

“Standar-standar itu dibedakan menurut jenjang penyuluh KKBPK, mulai dari penyuluh pemula sampai penyuluh ahli madya, jadi ada tingkatannya,” tambahnya. Sertifikasi itu tidak hanya digelar di Sultra, akan tetapi secara nasional di Indonesia. Sehingga tak ada alasan bagi penyuluh untuk melewatkan kegiatan itu. (ely/ikl)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top