Tips Menjaga Berat Badan – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kesehatan

Tips Menjaga Berat Badan

ilustrasi/NET

KENDARIPOS.CO.ID — Tubuh gemuk dan kurus berarti memiliki indikator Indeks Massa Tubuh (IMT) yang tidak normal. Keduanya sama-sama dekat dengan penyakit. Tubuh ideal dan status gizi bisa dilihat dengan menghitung IMT.

Ahli Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Diah M. Utari menjelaskan orang gemuk cenderung tidak leluasa bergerak, penampilan secara estetika tidak menarik, dan berisiko penyakit degeneratif. Begitu pula tubuh kurus lebih berisiko mengalami penyakit menular (penyakit infeksi) seperti TBC, ISPA, diare. Selain itu juga mudah terkena anemia dengan gejala yang menyertainya.

“Orang umumnya melihat, gemuk identik dengan kemakmuran dan kesejahteraan. Padahal sebenarnya gemuk identik dengan penyakit,” jelasnya kepada JawaPos.com, Senin (21/8).

Kelebihan konsumsi energi yang diperoleh dari kelebihan konsumsi lemak, protein dan karbohidrat, akan ditumpuk menjadi lemak di tubuh (baik itu lemak di bawah kulit, di sekitar organ tubuh maupun kolesterol di darah). Terjadinya oksidasi berlebih dalam tubuh sehingga memicu munculnya radikal bebas.

“Tentu saja lama kelamaan akan menyebabkan gangguan fungsi organ tubuh dan metabolisme tubuh, sehingga menyebabkan penyakit degeneratif,” jelasnya.

Diah memberikan tips agar IMT seseorang tetap normal. Caranya dengan tetap harus menjaga berat badan.

1. Makan Teratur
Konsumsi makanan secara teratur, jangan berlebih. Cukup tiga kali sehari.

2. Batasi Lemak
Kurangi makanan tinggi lemak seperti gorengan, jeroan, dan makanan mengandung santan.

3. Kurangi Karbohidrat
Kurangi makanan tinggi karbohidrat. Di antaranya kue manis, minuman manis, nasi, dan sumber karbohidrat lainnya. Jangan lupa batasi gula.

4. Buah dan Sayur
Jangan lupa tambahkan konsumsi serat yakni dengan memperbanyak makan buah dan sayur.

5. Olahraga
Olahraga teratur minimal 150 menit per minggu.

6. Jaga Kebersihan
Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjadi kunci hidup sehat.

7. Kontrol Berat Badan
Jangan lupa menimbang berat badan secara teratur. Sehingga hal itu bisa menjadi rem bagi setiap orang.

(ika/JPC)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top