Pemkot Kendari Target Retribusi Tambang Galian C Rp 2 Miliar – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Pemkot Kendari Target Retribusi Tambang Galian C Rp 2 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Kendari terus digenjot dari berbagai sektor, termasuk dari tambang galian golongan C. Pemkot terus mengejar target senilai Rp 2 miliar dari tambang galian. Saat ini baru mencapai 38 persen atau sekira Rp 760 juta. Jumlah tersebut masih dianggap menjanjikan, meski belum mencapai 50 persen dari target.

Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Pajak dan Retribusi Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari, Maman Firmansyah menjelaskan jika berkaca dari pencapaian tahun lalu, tambang galian C mampu menyumbangkan Rp 2,8 miliar PAD Kota Kendari. Untuk itu, dirinya optimistis target Rp 2 miliar tahun ini bisa terealisasi.

“Hingga pertengahan tahun ini memang belum sampai setengah, karena memang masih banyak proyek fisik yang belum berjalan. Biasanya, tambang galian C ini naik signifikan di periode September hingga November karena puncak pengerjaan proyek. Sehingga kebutuhan galian juga besar. Kita tetap percaya bisa sampai target,” ujar Mama Firmansyah saat ditemui Kendari Pos.

Maman menambahkan untuk tambang galian C di Metro Kendari tersebar di tiga titik terbesar. Pada intinya, Pemkot berupaya mengoptimalkan semua tambang galian melalui retribusi. “Semua sumber kita maksimalkan untuk mencapai target PAD senilai Rp 200 miliar. Termasuk semua titik tambang galian,” tukasnya.

Alumnus IPDN tersebut melanjutkan sistem penarikan retribusi dilakukan pasca pencairan anggaran proyek dilakukan oleh kontraktor. Untuk perhitungannya, Pemkot memungut retribusi setiap per truk angkut galian dan juga melalui penghitungan volume rencana anggaran biaya (RAB) untuk kebutuhan bahan galian yang dikonversi dalam nilai retribusinya. “Ada hitung-hitungannya mengambil retribusi itu. Kami kerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari. Semua proyek tidak bisa dicairkan sebelum retribusi galiannya dipastikan terbayar,” pungkasnya. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top