Parah! Dua Kades di Mubar Selewengkan DD Sebesar Rp 1,7 M – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Muna Barat

Parah! Dua Kades di Mubar Selewengkan DD Sebesar Rp 1,7 M

KENDARIPOS.CO.ID — Laporan terkait dugaan penyalahgunaan dana desa (DD) di Muna Barat (Mubar) terus terdengar. Dalam kurun waktu satu bulan terakhir, ada dua kepala desa (Kades) yang sudah dilaporkan ke aparat penegak hukum. Kades Wapae, Kecamatan Tiworo Tengah diadukan ke Polres Muna atas dugaan penyimpangan DD tahun 2015 sebesar Rp 300 juta dan Rp 700 juta pada 2016. Sementara Kades Sidamangura, Kecamatan Kusambi dilaporkan ke Kejaksaan Negeri Muna atas dugaan penyalahgunaan DD tahun 2016 senilai Rp 700 juta.

Menanggapi adanya pengaduan tersebut, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Mubar, La Ode Tibolo mempersilahkan semua pihak untuk melapor. Sebab langkah itu merupakan hak masyarakat. “Sekarang kita terbuka, orang mau melapor silahkan. Tapi kalau tidak tertulis, maka saya tak perlu tanggapi,” kata Laode Tibolo, minggu(20/8).

Menurutnya laporan yang diadukan terkait penyalahgunaan dana desa pada dua wilayah itu tidak memiliki dasar. Sebab Kades bisa disebut menyalahgunakan DD jika ada temuan dari inspektorat atau Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Tapi ini tidak ada,” ungkapnya.

Makanya ia meminta pihak-pihak yang hendak melaporkan adanya indikasi penyimpangan keuangan harus memberikan bukti kuat. “Kita punya bukti jika semua program sudah dikerjakan. Bukti fisiknya ada, jadi itu yang akan kita perlihatkan,” jelas Tibolo. (c/yaf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top