Kompensasi Terlalu Tinggi, Pemkab Wakatobi Pindahkan Lokasi Pasar – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Wakatobi

Kompensasi Terlalu Tinggi, Pemkab Wakatobi Pindahkan Lokasi Pasar

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
Lokasi penjualan pakaian bekas di Pasar Sentral Wangiwangi yang rencananya akan dibangun menjadi tempat perkulakan semi modern, namun terkendala pembebasan lahan karena harga tanah yang mahal.

KENDARIPOS.CO.ID — Rencana pemerintah kabupaten (Pemkab) Wakatobi untuk mengubah area penjualan pakaian bekas menjadi pasar semi modern, tak berjalan semestinya. Meski telah mendapat anggaran sebanyak Rp 6 miliar dari dana tugas pembantuan yang dialokasikan pemerintah pusat, tapi masyarakat yang mengklaim sebagai pemilik lahan di lokasi tersebut enggan memberi respon.

Syarat yang diberikan pemilik lahan tak disanggupi Pemkab Wakatobi. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Wakatobi, Kamaruddin mengaku untuk pembebasan lahan, pemilik mengajukan nominal kompensasi Rp 2,3 juta tiap meter. Sekalipun anggaran mencukupi, Kamaruddin mengaku tak bisa menyetujuinya. Sebab tidak sesuai dengan nilai jual objek pajak (NJOP).

“Kalau kita bayar, maka semua akan masuk penjara. Makanya saya menilai, yang mengklaim pemilik lahan tidak menyetujui pembebasan lahan di situ. Sehingga harga penjualannya mahal,” ujar Kamaruddin, minggu(20/8). Tak ingin memperpanjang masalah, mantan Kepala Dinas PU, Tata Ruang, Pertambangan dan Energi Kabupaten Wakatobi ini mencoba mencari lokasi alternatif pembangunan pasar semi modern.

“Setelah ada kesepakatan dan koordinasi, kami memutuskan untuk membangun pasar yang akan dilengkapi lokasi parkir dan anjungan tunai mandiri (ATM) itu di sekitar Pasar Sentral Wangiwangi. Kami berkonsentrasi ke bagian belakang lokasi penjualan RB, tak jauh dari pasar ikan. Kami optimis pembangunan pasar itu akan berjalan lancar. Lokasi yang dibidik merupakan milik Koramil. Rencananya akan ditukar guling dengan lokasi lain yang merupakan kewenangan daerah di wilayah Sombu,” urai Kamaruddin.

Proyek itu sendiri masih dalam tahap lelang dan akan dikerjakan tahun ini juga, sesuai target. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top