FKM UHO Canangkan Program Pembinaan Karakter – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

FKM UHO Canangkan Program Pembinaan Karakter

Yusuf Sabilu

KENDARIPOS.CO.ID — Melahirkan jebolan yang tangguh dan berdaya saing tentu harus melalui tahap penggodokan yang maksimal, salah satunya dengan proses pembentukan karakter secara terstruktur. Paham akan kebutuhan tersebut, Fakultas Kesehatan Masyakat (FKM) Universitas Halu Oleo (UHO) pun mencanangkan program pembinaan karakter mahasiswa mulai semester ini.

Dekan FKM UHO, Yusuf Sabilu membeberkan, program pembinaan karakter bentuknya seperti mata kuliah pada umumnya namun sarat dengan materi seputar latihan kecerdasan emosional dan spiritual. Tujuan akhirnya adalah menciptakan insan yang mampu membawa perubahan di tengah masyarakat selain memiliki kemampuan menyelesaikan problem dengan kepala dingin. “Artinya dijalankan dengan terstruktur sehingga dapat berjalan secara kontinu atau tidak berakhir disini saja,” ungkap Yusuf.

Terlebih, sambungnya, program pembinaan karakter sejalan dengan program pemerintah. Jadi, selain membagikan nilai positif bagi mahasiswa juga menjalankan amanah dari pemerintah. “Setahu saya beberapa jurusan sudah menjalankan dan kami akan mengikuti jejak mereka, karena ini terbukti jadi cara terbaik untuk membentuk moral baik dan kedewasaan berpikir,” tambahnya.

Di sisi lain, guna menjamin sharing ilmu lebih optimal, laboratorium terpadu juga dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung kegiatan akademik yang sesuai dengan arah kurikulum. “Saat ini kita masih merintis jelas masih banyak kekurangan. Tapi kita akan terus membenahi dan melengkapi laborotorium ini,” tambah Yusuf.

Lebih jauh ia berharap, mahasiswa yang masih harus keluar pulau untuk mendalami ilmu yang lebih spesifik tentang kesehatan masyarakat, kelak tak perlu keluar lagi karena semua bakal terpusat di UHO. Saat ini FKM UHO terakreditasi B dan akan reakreditasi pada tahun 2019. Makanya, persiapan mulai dilakukan, diantaranya meningkatkan mutu proses pembelajaran dan membenahi fasilitas penunjang. Dengan demikian, kualitas lulusan jadi makin baik. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top