Panwas Pilgub Ditetapkan, Ketua Bawaslu Sultra : Jangan Bekerja Serampangan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Panwas Pilgub Ditetapkan, Ketua Bawaslu Sultra : Jangan Bekerja Serampangan

Hamirudin Udu

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra resmi mengumumkan nama-nama yang telah lulus uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon anggota panitia pengawas (Panwas) pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur di 17 kabupaten/kota. Hanya ada tiga nama dari masing-masing kabupaten. Rencananya, 26 Agustus nanti, Panwas yang lolos akan dikukuhkan.

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu mengatakan, penetapan tersebut sudah sesuai dengan ketentuan aturan berlaku. Pihaknya telah lakukan fit and proper test dan didapatkan tiga nama dari masing-masing daerah yang dianggap kompeten. “Kami anggap mereka yang terbaik dari beberapa nama yang ikut mendaftar,” ujar Hamiruddin, kepada Kendari Pos.

Akademisi UHO nonaktif mengingatkan kepada Panwas yang baru saja terpilih supaya bekerja sesuai aturan main yang ada. Tidak boleh bekerja serampangan, apalagi berafiliasi pada salah satu kandidat. “Itu tidak boleh. Kalau mau aman, ikuti saja regulasi yang ada,” ingatnya.

Menurut Hamiruddin, ada serangkaian tes yang diikuti calon Panwas. Salah satunya fit and proper tes. Dalam tes ini, yang jadi pokok pertanyaan adalah peserta seputar pengetahuan sistem pemilu di Indonesia, UU pemilu, kondisi politik lokal, menggali dan meilhat integritas, komitmen individu dan kerja tim, publik speaking, dan leadership. Termasuk meminta tanggapan klarifikasi dari masyarakat Sultra.

“Jadi melihat jawaban itu (fit and proper tes dan tanggapan masyarakat), kemudian kita rekap poin perpoin. Akhirnya, kita temukan tiga besar yang lolos menjadi Panwas Pilgub,” jelasnya.

Dijelaskannya, usai pengumuman tersebut, pihaknya telah menyusun jadwal pelantikan atau pengambilan sumpah kepada semua Panwas yang dinyatakan lulus. Akhir Agustus ini akan dilakukan pelantikan tersebut bertempat di Grand Clarion Hotel. “Sesuai jadwal yang kita rencanakan, pelantikan akan digelar 26 Agustus mendatang,” ujarnya. Setelah dilantik, lanjut dia, Panwas akan mengikuti bimbingan teknis. Di mana pematerinya akan diundang dari Bawaslu RI. (c/wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top