Usai Dilantik, Umar Samiun Kembali ke Rutan Guntur – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Politik

Usai Dilantik, Umar Samiun Kembali ke Rutan Guntur

Bupati Buton Non Aktif, Umar Samiun mengenakan rompi tahanan KPK.
Foto : Dok/RAMADHAN/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Surat keputusan (SK) pelantikan tiga bupati yang berhasil menang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Bombana, Kolaka Utara dan Buton resmi diteken Mendagri. Nah, dua bakal dilantik di Sulawesi Tenggara (Sultra) sementara satunya Buton di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Untuk pasangan Bupati dan Wakil Bupati Buton terpilih, Umar Samiun dan La Bakry yang sebelumnya diusulkan dilantik 18 Agustus kini diagendakan akan mengikuti sumpah jabatan pada 24 Agustus.

“Setelah kami komunikasikan dengan Kemendagri dan KPK, Pak Umar ini bisa dilantik 24 Agustus,” ungkap Kepala Biro Pemerintahan Setprov Sultra, La Ode Ali Akbar, kepada Kendari Pos, Jumat (18/8/2017).

Pergeseran jadwal itu kata dia sudah diketahui Pemda Buton. Tinggal disusul dengan undangan pelantikan. Umar Samiun juga dipastikan sudah mendapat izin dari KPK mengikuti seremoni itu. Hanya saja, usai acara Umar akan kembali ke Lapas Guntur dimana dia ditahan selama ini. “Karena kita hanya pinjam selama acara saja,” ujarnya. Soal apakah langsung dinonaktifkan kembali oleh Kemendagri hari itu juga, hal itu belum mendapat konfirmasi dari kementerian. Yang jelas jika non aktif maka La Bakry akan kembali menjabat Plt sampai menunggu kepastian hukum dari tandemnya.

Untuk diketahui, masa jabatan Umar-Bakri periode pertama telah berakhir Jumat 18 Agustus kemarin. Untuk mengisi kekosongan pemerintahan, Kemendagri juga sudah mengeluarkan surat penugasan kepada Sekda Kabupaten Buton, untuk menjadi Palaksana Tugas Harian Bupati. Soal berapa dan siapa saja yang akan diundang dalam pelantikan itu belum dirinci oleh Ali Akbar. “Yang pasti tidak akan sebanyak yang disini,” tandasnya. (ely)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top